Kamis, 2 Maret 2023, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro telah melangsungkan acara webinar dengan tema “Implementasi Program K3 Sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas Kerja dan Kompetensi”. Dalam webinar ini, Fakultas Teknik bekerja sama dengan PT. Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing. Kerja sama ini juga merupakan salah satu program CSR ( Corporate  Social Responsibility ) dari dunia industri yang dilakukan oleh PT Hitachi Astemo Bekasi. Acara ini merupakan agenda rutin dari Tim P2K3 Fakultas Teknik.

Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Wakil Dekan II, Dr.Ir.Abdul Syakur, S.T., M.T. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro telah berhasil memperoleh ISO 45001: 2018 terkait Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Menurut beliau, program K3 penting untuk diterapkan dalam dunia kerja karena dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan dan produktivitas perusahaan terkait.

Sambutan kedua disampaikan oleh HR Division Head dari PT. Hitachi Astemo Bekasi Mfg, Bapak Iman Nasrudin. Dalam sambutannya, Bapak Imam Nasrudin menyampaikan terima kasih kepada Fakultas Teknik karena telah memberikan tempat untuk berbagi dalam hal pengimplementasian Program K3 di perusahan dan institusi lainnya. PT Hitachi Astemo Bekasi Mfg. sendiri merupakan salah satu perusahaan yang telah menerapkan Program K3, di mana salah satu wujud implementasi dari K3 di PT. Hitachi Astemo Bekasi Mfg ini adalah seperti adanya simulasi kebakaran, dll. Selain itu, evaluasi juga terus dilakukan oleh perusahaan agar implementasi K3 bisa berjalan dengan baik. Harapannya, dengan diadakan webinar ini bisa diterapkan juga di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Selanjutnya, Dekan Fakultas Teknik, Prof.Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD., memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Dalam sambutanya, beliau menyampaikan bahwa Fakultas Teknik berhasil memperoleh ISO 45001: 2018, di mana hal ini merupakan salah satu wujud dari terlaksananya Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Dekan berharap, ke depannya Fakultas Teknik bisa memberikan fasilitas bagi mahasiswa yang ada di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro untuk bisa menimba ilmu dan mengimplementasikan Program K3 di PT. Hitachi Astemo Bekasi Mfg, melalui Program Kampus Merdeka.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Program K3 yang diterapkan di Fakultas Teknik oleh Ibu Dr. Manik Mahachandra, S.T., MSc. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan bagaimana kebijakan penerapan K3 di Fakultas Teknik dapat dilihat dalam berbagai program kerja. Fakultas Teknik sudah banyak menerapkan program-program untuk memastikan bahwa K3 benar-benar berjalan dengan baik di lingkungan Fakultas Teknik.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber, Bapak Anton Widodo. Beliau mengawali materi dengan penjelasan mengenai hierarki ketika terjadi kecelakaan kerja yang akan menimbulkan banyak sekali kerugian, bagaimana cara mengidentifikasi resiko dan penilainya serta prioritas tindakan penanggulanganya, Environmental Health and Safety Standard, Konsistensi dalam pelaksanaan K3 dengan cara adanya pemetaan genba (penyelidikan detail terhadap situs pelaksanaan K3) secara rutin dari para pimpinan, Cross Audit antar departemen terkait ( Safety, Fire, Environment, 6S ), dan bagaimana membudayakan K3 dalam kinerja harian karyawan dimana dilakukan training BBS ( Behaviour Base Safety ).

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dan diakhiri dengan foto bersama antara para narasumber dan peserta. Diharapkan dengan adanya acara ini, peserta dapat lebih memahami pentingnya Program K3 dan dapat mengimplementasikannya dengan baik di perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan kompetensi karyawan maupun di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.