Kamis, 19 Januari 2023, Sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerja sama sebelumnya dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP), Fakultas Teknik Universitas Diponegoro mengadakan pembahasan lanjut mengenai kerja sama dengan PT RAPP di Ruang Teater, Gedung Dekanat FT Undip Lantai 4. Dalam pertemuan tersebut, ada beberapa poin yang dibahas, antara lain mengenai program Merdeka Belajar dan kesempatan magang bagi mahasiswa Fakultas Teknik Undip ke PT RAPP.

Sebagai program baru yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Merdeka Belajar menjadi topik utama yang dibahas oleh Dekan Fakultas Teknik Undip, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc.,Ph.D, dalam sambutannya. Beliau berharap, dengan adanya kerja sama ini, mahasiswa Fakultas Teknik Undip bisa memanfaatkan program Magang Merdeka yang terdapat dalam Merdeka Belajar untuk bisa magang di PT RAPP.

Menurut Dekan, Alumni Fakultas Teknik sendiri cukup banyak yang akhirnya bisa berkarir di PT RAPP dan memberikan kontribusi yang baik. Hal ini berdampak pada membaiknya citra Fakultas Teknik Undip di hadapan PT RAPP sehingga mereka mau untuk bekerja sama dengan FT Undip. Dengan adanya program magang, diharapkan hasil kerja sama dengan PT RAPP tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa program studi S1 saja, namun juga S2, S3 serta Program Studi Profesi di Fakultas Teknik. Selain itu juga, dengan kerja sama ini, PT RAPP bisa mendapatkan manfaat karena karyawannya bisa menempuh studi lanjut nantinya di FT Undip.

Dalam pertemuan ini, PT RAPP menjelaskan tiga poin program yang mereka buat dalam kerja sama ini, yaitu Full Year Scholarship Program, Mid Year Scholarship Program, dan Internship Program. Mereka berharap, kerja sama ini dapat meningkatkan upaya kolaborasi antara institusi pendidikan dan juga industri, sehingga bisa mengamalkan tri dharma perguruan tinggi.