Dalam rangka meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris bagi karyawan di Dekanat Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Fakultas Teknik menciptakan suatu inovasi yang bernama Engineering English Community bertempat di Ruang Smart Classroom Gedung Dekanat Lantai 4 Fakultas Teknik, yang di adakan setiap hari Selasa dan Kamis.

Anggota Engineering English Community hadir untuk mengikuti kegiatan yang bertujuan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris di lingkungan kerja berupa Daily Training. Acara ini diisi oleh karyawan dekanat Fakultas Teknik. Setelah kedatangan para anggota English Community kegiatan Daily Training ini pun dimulai. Bapak Teguh atau yang biasa akrab di panggil dengan sebutan Mr. Teguh merupakan guru dari English Community. Mr Teguh sebagai salah satu pemateri memberikan sepatah-dua patah sebagai pengantar dari materi-materi yang akan dibahas bersama tersebut.

Acara Engineering English Class kali ini sangat special kerena diisi dengan Outing Class. Acara ini berupa kunjungan ke unit-unit kerja di lingkungan Dekanat dan menyapa mereka dengan menggunakan percakapan Bahasa Inggris

Ini adalah kegiatan untuk memperkenalkan Mr. Teguh ke setiap ruangan anggota English Community.

baru sebagai pengganti dari kosa kata yang membosankan tersebut. Materi pertama dilalui dengan lancar dan anggota senior Engineering English Community cukup aktif bertanya dan beragumen terhadap materi yang disampaikan. Dalam menunjukan suka ataupun ketidaksukaan kita terhadap sesuatu ada yang namanya idiom, idiom ini semacam istilah lain yang maknanya sama tetapi pengungkapannya sedikit berbeda Pada materi kedua memang membahas seputar istilah-istilah lain dalam mengucapkan suka ataupun ketidaksukaan kita terhadap sesuatu yang memiliki makna sama.

Kegiatan daily training juga bertujuan untuk terus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan lebih-lebih juga pada kemampuan public speaking yang harus dikuasai oleh anggota Engineering English Community tentunya dan seluruh karyawan di Dekanat Fakultas Teknik. Kegiatan ini sendiri akan dilakukan secara rutin dan terjadwal, oleh sebab itulah para senior Engineering English Community sendiri sangat menginginkan kemajuan keterampilan berbahasa dan kemapuan-kemapuan lainnya dari para anggota muda Engineering English Community. Ini semua merupakan persiapan awal dari Engineering English Community sebagai bentuk  kesiapan bagi anggota-anggotanya untuk selalu siap mengikuti perubahan yang ada.

Engineering English Community terus menciptakan inovasi-inovasi kegiatan, diantaranya adalah pelayanan menggunakan Bahasa Inggris (English Day) setiap hari Senin yang dilaksanaan di Front Office Gedung Dekanat lantai 1. Dengan English Day tersebut diharapkan mahasiswa termotivasi untuk dapat menggunakan Bahasa Inggris dengan lancar.

Inovasi ke depan adalah berupa Engineering English Community Goes to Department dimana akan menyapa civitas akademika di level departemen sehingga diharapkan semua komponen termotivasi untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris guna mendukung internasionalisasi Fakultas Teknik dalam rangka menuju universitas yang unggul di tingkat internasional.