Home / Kabar Fakultas / AAPG – EAGE GEOSCIENCE TECHNOLOGY WORKSHOP

AAPG – EAGE GEOSCIENCE TECHNOLOGY WORKSHOP

American Association of Petroleum Geologists
European Assosciation Geoscience Engineer
PADMA RESORT – LEGIAN BALI
14-17 Februari 2012

Apa jadinya apabila American Association of Petroleum Geologists (AAPG) organisasi international yang berpusat dari Amerika bergabung dengan European Association Geoscience Engineer (EAGE) yang berpusat di Eropa dalam satu event?? Dan acara tersebut dikemas dan diadakan di Indonesia? Betapa mewah dan luarbiasa acaranya.

-Bapak Syamsu Alam selaku Presdent Direktur Pertamina EP sebagai keynote speaker

AAPG – EAGE Geoscience Technology Workshop adalah acara pertama yang merupakan hasil dari kolaborasi antara AAPG dan EAGE. Cara ini merupakan acara yang membahas mengenai geoscience yang fokus di bidang perminyakan dari seluruh dunia. Para ahli profesional datang di acara ini guna share global informasi dan menyelesaikan masalah eksplorasi migas di dunia. Acara ini bertema Fractured Carbonates Reservoir dihadiri oleh lebih dari 120 ekspatriat dan 70 ahli geologi dan perminyakan Indonesia di dalam acara konferensi ini.

-Undip Representative at AAPG EAGE Geoscience Tehnology Workshop

Indonesia bangga menjadi tuan rumah pada tahun ini, karena Indonesia salah satu negara yang memiliki kekayaan sumber daya migas yang melimpah dengan kondisi geologi yang unik dan beraneka ragam yang dimana tidak semua negara dibelahan dunia memiliki kondisi yang menarik seperti ini. Indonesia memiliki lebih dari 30 cekungan migas dengan berbagai macam kasus batuan, tektonik dan petroleum system yang berbeda.

-Student Chapter Representatitive from Unhas, Undip, UGM, UPN dan ITS  (dari kiri ke kanan)

Pada acara ini AAPG Universitas Diponegoro Student Chapter mendapatkan kesempatan yang luar biasa untuk dapat mengikuti acara ini. Hal ini menunjukan kerja keras tim dari AAPG UNDIP SC yang professional dan baik dari berbagai Student Chapter lainnya di seluruh dunia.Selain dari Undip, SC lain yang berkesempatan mengikuti event ini adalah dari UGM, UPN, ITS dan Unhas.

-Workshop Core Analysis, melihat kandungan hidrokarbon minyak bumi dari batuan sumur pemboran migas bawah permukaan

Kami mengucapkan terimakasih kepada American Association of Petroleum Geologists Asia Pacific teruatama kepada Bapak Geovani Christopher selaku advisor kami dan Andien Pereira selaku perwakilan dari AAPG Pusat. Kemudian kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Pertamina yang telah mensuport student chapter terpilih untuk mengikuti acara ini. Pertamina telah memberikan bantuan sebesar $1500 kepada setiap perwakilan untuk mengikuti acara ini.

Event International di Indonesia selanjutnya adalah Oil and Gas Intelectual Parade (OGIP) 2012 yang merupakan event migas asia pacific yang tahun ini diadakan di Amabarukmo plasa hotel pada 24-29 Februari 2012. Tim Undip berhasil mengirimkan dua tim untuk berkompetisi. Tim pertama adalah Tim Smart Competition yang berasal dari Tim SPE UNDIP SC dan AAPG UNDIP SC. Dan tim kedua adalah oral paper presentation dari Teknik Geologi yang membawakan tema mengenai Geokimia Shale Gas Potential Pematang Grup Cekungan Sumatera Tengah oleh Ario Arief dan Diah Ayu Puspaningsih. Kedepannya hal ini harus tetap dilanjutkan sehingga visi undip untuk menjadi Universitas Riset dan Go International segera terwujud.

By :
Ario Arief Iswandhani
American Association of Petroleum Geologists
Diponegoro University Student Chapter

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

PENGUMUMAN KEPADA CAMABA UM 2 UNDIP

Berdasarkan hasil seleksi UM 2 Universitas Diponegoro, perlu disampaikan beberapa hal/ pengumuman sebagai terlampir berikut. …

PENGUMUMAN: PENETAPAN PELAKSANAAN REGISTRASI ADMINISTRATIF MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMESTER GASAL TAHUN TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Leave a Reply