Home / Kabar Fakultas / Workshop Konservasi dan Sistem Proteksi Kebakaran Bangunan Fasilitas Umum

Workshop Konservasi dan Sistem Proteksi Kebakaran Bangunan Fasilitas Umum

Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) Fakultas Teknik Universitas Diponegoro mengadakan Workshop untuk mengenalkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan di FT Undip selama tiga tahun terakhir kepada masyarakat. Dari sekian banyak hasil penelitian yang telah dihasilkan dilakukan seleksi dan dipilih beberapa hasil penelitian untuk diinformasikan kepada masyarakat melalui kegiatan workshop. Workshop pada kesempatan ini dilaksanakan selama sehari pada tanggal 15 Mei 2012 bertempat di Gedung Jurusan Arsitektur lt. 3. Pada kesempatan ini workshop yang diadakan bertema “Konservasi dan Sistem Proteksi Kebakaran Bangunan Fasilitas Umum”. Bertindak sebagai pembicara adalah Ir. Sri Hartuti Wahyuningrum, MT dan Sukawi, ST, MT. Keduanya dari Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip. Workshop dihadiri oleh perwakilan dari beberapa Dinas di  Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah seperti Dinas Kebakaran, Dinas Pasar, Dinas Kebersihan dan Taman, Ikatan Arsitektur Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia Provinsi DIY dan Jawa Tengah, beberapa perwakilan dari Perusahaan yang bergerak di bidang arsitek dan bangunan, Dosen dan Mahasiswa Jurusan Arsitektur Undip. Workshop secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Undip, Ir. Bambang Pudjianto, MT dan ditutup oleh Pembantu Dekan I FT Undip, Dr.rer.nat. Imam Buchori.

 

Beberapa saran dan masukan yang menarik dari peserta seperti perlunya proteksi kebakaran tidak hanya pada bangunan fasilitas umum, tetapi juga pada bangunan cagar budaya (BCB), perlu adanya kepedulian dari masyarakat terkait dengan aturan-aturan mengenai pelestarian BCB dan proteksi terhadap kebakaran secara pasif melalui desain bangunan dan lingkungannya. Selain itu, dana untuk konservasi BCB maupun untuk proteksi terhadap kebakaran seharusnya tidak menjadi kendala, karena pelaksanaannya didasarkan pada prioritas dan fungsinya.
Kegiatan workshop ini diharapkan dapat dijadikan sebagai langkah awal bagi pihak Perguruan Tinggi, Pemerintah dan Masyarakat untuk dapat secara sinergi bekerjasama untuk memecahkan persoalan-persoalan yang ada di tengah masyarakat. Karena memang pada hakekatnya hasil-hasil penelitian seyogyanya dapat digunakan bagi peningkatan hidup masyarakat dan dapat memecahkan persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat. Diharapkan setelah workshop ini berakhir komunisasi bisa dapat terjalin lebih intensif diantara yang hadir pada workshop ini sehingga diskusi lebih lanjut lewat forum-forum yang lain bisa dapat diselengarakan.

Setelah workshop ini, pada tahun 2012 UPPM FT Undip masih mengagendakan workshop-workshop hasil penelitian lainnya, yaitu tentang Pengolahan Limbah dan Pemberdayaan Industri Kecil dan Menengah.

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

PELATIHAN SOFT SKILL CALON WISUDAWAN FT

Siapa bilang kalau kuliah sudah selesai lalu dibiarkan begitu saja?? Di Fakultas Teknik, tidak seperti …

FAKULTAS TEKNIK JAJAKI KERJASAMA DENGAN NANO CENTER

Pernah dengar Nano teknologi? Nanoteknologi adalah manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular. Diameter atom …

Leave a Reply