Home / Kabar Fakultas / Undip akan kembangkan Wireless 1 Gbps

Undip akan kembangkan Wireless 1 Gbps

WiFi abgn LogoSemarang, undip.ac.id. Sebagian besar pengguna Internet menggunakan Teknologi Wireless, mulai dari Wifi IEEE 802.11a/b/g/n, Wimax IEEE 802.16d/e, sampai LTE. Kemampuan perangkat wireless dituntut untuk semakin meningkat baik kapasistas dan kualitas komunikasi karena semakin beragamnya aplikasi dan memboomingnya jumlah para pengguna.

Undip yang memiliki empat Disiplin Ilmu Teknologi Informasi : Teknik Elektro (konsentrasi Informatika), Ilmu Komputer (MIPA), Sistem Informasi (Pasca Sarjana) dan Sistem Komputer (Teknik) terus berjuang meneliti dan mengembangkan teknologi – teknologi baru untuk menunjang kenyamanan hidup bersama.

Teknologi Wireless IEEE 802.11ac adalah Teknologi Wireless berkecepatan di atas 1 Gbps. Dr. Wahyul Amien Syafei, Dosen Teknik Elektro Undip melalui Paten di Japan Patent No. 2010-006529 ” Wireless Transmission system and Its Preamble Generation method” akan mengimplementasikan Teknologi ini agar dapat dignikmati dan dimanfaatkan oleh Masyarakat.

Standar IEEE 802.11ac yang diusulkan ke Institute of Electrical and Electronics Engineer – Standard Association (IEEE-SA) saat ini sedang dalam proses pembahasan untuk diluncurkan dan dapat digunakan oleh Publik, Internasional, seperti juga teknologi wi-fi pendahulunya dengan Standar IEEE 802.11a/b/g maupun 11 n yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat luas. Teknologi IEEE 802.11ac yang diusulkan ini akan menempati  Kanal Frekuensi 5 GHz, kanal yang menyediakan bandwidth lebih lebar dan tidak sepadat 2.4 GHz.

Alumni Kyushu Institute of Technology, Japan tersebut kemarin berkonsultasi kepada Pembantu Rektor IV Undip Dr. Muhammad Nur, DEA guna Implementasi Teknologi wi-fi berstandar IEEE 802.11ac tersebut di UNDIP, setelah sebelumnya berdiskusi dengan Dekan Fakultas Teknik Ibu Ir. Hj. Sri Eko Wahyuni, MS. 

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

KASUBBAG AKADEMIK FT SABET JUARA 3 DIKTENDIK BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL

TEKNIK BANGGA!!! Itulah kata yang patut disematkan kepada Ibu Fitriana Iftatika, Kasubbag Akademik Fakultas Teknik. …

PELATIHAN SOFT SKILL CALON WISUDAWAN FT

Siapa bilang kalau kuliah sudah selesai lalu dibiarkan begitu saja?? Di Fakultas Teknik, tidak seperti …

Leave a Reply