Home / Kabar Fakultas / Twinning Program (Double Degree) dengan Universitas Belanda

Twinning Program (Double Degree) dengan Universitas Belanda

Pada tanggal 22 April 2009, beberapa delegasi dari The Hague dan Saxion University the Netherlands berkunjung ke Fakultas Teknik Undip untuk mendiskusikan lebih detail mengenai kerjasama di bidang pendidikan dilanjutkan dengan interview/seleksi beberapa mahasiswa dari Fakultas Teknik yang mempunyai TOEFL score 550 dan IPK minimal 3 yang berminat untuk mengikuti Twinning Program  di Belanda selama 1 tahun khususnya dari Jurusan Teknik Kimia dan Jurusan Teknik Lingkungan, di mana salah seorang mahasiswa Teknik Kimia memperoleh full scholarship dari Belanda karena IPK dan Toefl yang tinggi. Kerjasama dengan Saxion University ini merupakan kelanjutan dari signed MoU (Memorandum of Understanding) yang telah lebih dulu dilaksanakan dan ditandatangani oleh Rektor dari kedua belah pihak dan MoA (Memorandum of Agreement ) yang ditandatangani antar Dekan

Sementara itu pada tanggal 14 Mei 2009, beberapa delegasi dari Hanze dan Fontys University the Netherlands juga berkunjung ke FT-Undip untuk mendiskusikan lebih lanjut mengenai kerjasama di bidang pendidikan yang dilanjutkan juga dengan interview/seleksi beberapa mahasiswa dari Fakultas Teknik yang berminat untuk mengikuti Twinning Program di Belanda khususnya dari Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik. Elektro. Adapun diskusi kerjasama ini dilanjutkan dengan signing MoA (Memorandum of Agreement) antara Dekan Fakultas Teknik Undip dengan Dekan Hanze dan Fontys University  Netherland.

Secara resmi memang baru saja dilakukan signing MoA dengan Hanze dan Fontys University, namun realisasi kerjasama tersebut sudah dilaksanakan sejak bulan September 2007 di mana pada waktu itu Fakultas Teknik mengirim 2 orang mahasiswa dari Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan yang sudah menyelesaikan semester VI ke Belanda (ke Hanze dan Saxion University) untuk melanjutkan studi selama 1 tahun. Kedua orang mahasiswa tersebut sudah lulus pada bulan Juli 2008 dengan memperoleh gelar Bachelor dari Belanda dan Sarjana Teknik dari Undip. Keduanya sekarang bekerja di Belanda selama 5 tahun. Ini adalah Twinning Program untuk Sarjana (S1 – Bachelor Degree) yang pertama kalinya dilaksanakan di Undip, yang sudah biasa dilakukan adalah Twinning Propram untuk Pasca Sarjana (S2 atau S3). Program ini bisa bisa berjalan dengan adanya dukungan Beasiswa Unggulan dari Pemerintah Indonesia dan Beasiswa dari Pemerintah Belanda.

Berikut ini beberapa mahasiswa yang lolos seleksi dengan Saxion , The Hague , Fontys dan Hanze University of Netherland

Lolos seleksi dengan Fontys University Netherland untuk T. Elektro :

  • Lukas Aditratika
  • Antonio Fernandez
  • Brecia Sasongko
  • Bimo
  • Nanda

Mahasiswa T. Lingkungan dan T.Sipil yang lolos seleksi dengan  Saxion University :

  • Rizza Ardiyanti
  • Qurriyah Ika Finasti
  • Indah Ayuningtyas
  • Perdana Nugroheni
  • Firdaus Banuwijaya

Mahasiswa T. Kimia yang lolos seleksi dengan The Hague University :

  • F.X. Bernardi Sanyoto
  • Heny Kusumawardani mendapat HSP – full scholarship

 

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

Dekan Apresiasi Para Juara PIMNAS

Membanggakan!!! Itulah satu kata yang disematkan untuk para jawara PIMNAS ke-32 kali ini. Melalui Pekan …

Magister Teknik PWK gelar Kuliah Umum bertemakan Natural Hazards

Baru-baru ini, Fakultas Teknik kembali menjadi tuan rumah atas penyeleggaraan kuliah umum bersama dosen asing. …

Leave a Reply