Home / Kabar Fakultas / Program Studi Magister Teknik Mesin mempererat kerjasama Pendidikan dan Penelitian dengan Twente University, Belanda

Program Studi Magister Teknik Mesin mempererat kerjasama Pendidikan dan Penelitian dengan Twente University, Belanda

Semarang, undip.ac.id – Sejak berdiri  tahun 2007 Program Studi  Magister Teknik Mesin (MTM) Program Pascasarjana UNDIP langsung  memperkuat program pendidikan dan penelitian berskala internasional yang diharapkan dapat mendukung usaha UNDIP menuju World Class University.  Beberapa program tersebut antara lain:

  1. Memiliki visiting professor , Prof. Choi Kwang Han dari Pukyong University , Korea Selatan yang mengajar selama satu tahun di bidang Energi  di Program Studi MTM.
  2. Kerjasama dengan Twente University di Belanda dalam penelitian bidang Tribology. Dalam hal ini Twente University memberikan full scholarship kepada 2 dosen Teknik Mesin untuk  melaksanakan program doktor yang sebagian penelitiannya dilakukan di UNDIP sementara eksperimen dan ujian nantinya dilakukan Twente University sehingga kalau berhasil akan mendapat ijasah doktor dari Twente University.  Dosen pembimbing dari Program Studi MTM adalah Dr. Jamari, ST, MT yang  pada tahun 2006 mendapatkan gelar doktor  dari Twente University.
  3. Dua pengelola dan satu staf pengajar Program MTM mengikuti Program Academic Recharging (PAR) lebih dari dua bulan di luar negeri yaitu: 1) Dr. Ir. A. Bayuseno, MSc yang merupakan ketua Program Studi MTM mengikuti program PAR di Curtin University, Perth, Australia pada bulan November-Desember 2009, 2) Dr. Jamari, ST, MT sebagai sekretaris II Program Studi MTM mengikuti program PAR di Twente University, Belanda pada bulan Desember 2009-Februari 2010, 3) Dr. Ir. Toni Prahasto mengikuti program PAR di Wollongong University, Australia pada November  2009- Februari 2010. Selama tahun 2010 ini ada 6 mahasiswa MTM yang sedang mengambil konsentrasi Energi akan mendapat beasiswa dari Eindhoven Technical University (TU-Eindhoven) melalui program CASINDO. Program beasiswa ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas  pengajaran dan penelitian dibidang Energi di Program Studi MTM UNDIP.
  4. Menurut ketua Prodi MTM, Dr. Ir. A. Bayuseno, MS, mulai semester genap tahun akademik 2009/2010 Program Studi MTM semakin mempererat kerjasama dengan Twente University dengan kedatangan mahasiswa S2 yang bernama Tim Wolda, dari Twente University yang akan berada di UNDIP sebagai  bagian dari program International Student Exchange atas sponsor Twente University. Selama satu semester Tim Wolda akan melakukan penelitian dibawah bimbingan Dr. Jamari, ST, MT. Nilai semester atas kinerja penelitian akan diberikan Dr. Jamari, ST, MT sebagai dosen pembimbing yang akan diakui oleh Twente University sehingga dapat dihitung sebagai nilai kredit sebagai bagian dari syarat kelulusan peserta student exchange dari Twente University.

Dalam melaksanakan program-program kerjasama internasional kedepan, menurut sekretaris I Program Studi MTM, Dr. Joga Dharma Setiawan MSc, Program Studi MTM akan sangat terbantu dengan pendirian International Office di UNDIP. Selanjutnya, Dr. Joga mengatakan, walaupun secara fisik kantor International Office UNDIP belum terealisir namun cikal bakal staf International Office UNDIP yang saat ini dikoordinir Pembantu Rektor bidang kerjasama, PR IV, Dr. Muhammad Nur, DEA, telah ikut mempermudah pengurusan administrasi keimigrasian, termasuk untuk  Tim Wolda.

mtm 1

Dekan Fakultas Teknik UNDIP, Ir. Sri Eko Wahyuni, MSc saat menerima kunjungan Tim Wolda yang didampingi Pengelola Program Studi MTM pada 10 Maret 2010 mengatakan sangat bergembira dan mendukung usaha pengelola Program Studi MTM yang telah merintis beberapa kerjasama Internasional. Selanjutnya, Program Studi MTM diharapkan dapat dalam waktu dekat dapat mengirimkan mahasiswa S2 nya ke Twente University dalam program International Student Exhange ini atas sponsor Twente University. Dengan kedatangan lebih banyak lagi peserta program International Student Exhange nantinya ke Program Studi MTM ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi mahasiswa S2 lainnya terutama meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris selain semakin bertambahnya wawasan dan network internasional.

mtm 2
Foto dari kiri ke kanan: 1) Dr. Joga D. Setiawan, MSc, 2)Tim Wolda, 3)Ir. Sri Eko Wahyuni, MSc, 4)Dr. Ir. A.P. Bayuseno, 5) Dr. Jamari, ST, MT

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

FAKULTAS TEKNIK GANDENG PT POWER BLOCK INDONESIA DALAM RANGKA KERJASAMA PENELITIAN

Fakultas Teknik mendorong para dosen dan mahasiswanya untuk banyak terlibat dalam kegiatan penelitian melalui berbagai …

SMA Hidayatullah Semarang kunjungi Fakultas Teknik

Senin, 23 September 2019 Fakultas Teknik kedatangan tamu siswa – siswi dari SMA Islam Hidayatullah …

Leave a Reply