Foto: Pembagian Masker dan Menu Berbuka Puasa Kepada Mahasiswa

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bulan Ramadhan kali ini terasa sedikit berbeda dikarenakan pandemi COVID-19 yang berlangsung. Alhamdulillah, berkat bantuan dari berbagai pihak, Gerakan Satu Tekad Teknik Peduli berhasil terlaksana dari tanggal 3-14 Mei 2020 dan berjalan dengan sangat baik.

Fakultas Teknik Bersama dengan perwakilan mahasiswa yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (BEM FT) dan Himpunan Mahasiswa (HIMA) dari seluruh departemen yang ada di Fakultas Teknik saling bekerjasama untuk menginisiasi aksi solidaritas ini. Tercatat lebih dari 500 mahasiswa FT Undip masih bertahan di sekitar kampus Undip Tembalang. Sebagian besar alasan mereka untuk tidak pulang kampung pada Idul Fitri kali ini ialah takut membawa virus kepada keluarga yang ada di rumah dan mengikuti anjuran pemerintah terkait pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Poster: Persentase Jumlah Mahasiswa yang tetap berada di Tembalang pada Idul Fitri 2020

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswan FT, Dr. nat. tech. Siswo Sumardiono, S.T., M.T, menjelaskan bahwa gerakan ini dilakukan sebagai bukti kepedulian fakultas terhadap mahasiswa. Ia juga menambahkan bahwa selama masa pandemi Covid-19 pihaknya akan selalu memantau situasi dan perkembangan serta bantuan apa saja yang dibutuhkan oleh mahasiswa dari waktu ke waktu.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesejahteraan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (BEM FT) Abiyyu Haidar sebagai kordinator relawan penyaluran bantuan ini mengatakan pihaknya sangat senang dapat berkontribusi secara langsung di tengah situasi pandemik yang sangat memberatkan mahasiswa, terutama bagi mahasiswa perantauan yang tidak dapat kembali ke kampung halaman.

Dia berharap semoga gerakan ini bisa memantik teman-teman mahasiswa yang lain bahwa berbagi itu indah dan bisa dilakukan dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu, sehingga kesejahteraan mahasiswa Fakultas Teknik kedepannya bisa terjaga dan terjamin. (Mardian)