Fakultas Teknik Universitas Diponegoro bersama Persatuan Insinyur Indonesia/PII menyelenggarakan Webinar: PRIORITIES (Program for Redesigning and Outcomes based Curriculum, Teaching-Learning-Assessment and Evaluating Systematically). Diselenggarakan pada 14 – 17 April 2020 peserta pelatihan merupakan para Pimpinan Fakultas, Kepala Departemen, Kepala Program Studi, Tim Penjaminan Mutu, dan Tim OBE Fakultas Teknik.

Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan konsep pembelajaran Outcome-Based-Education/OBE yang merupakan salah satu syarat pengakuan akreditasi dari Lembaga Akreditasi yaitu International Engineering Alliance/IEA . Pembelajaran ini memiliki fokus pada luaran capaian pembelajaran.

Berbeda dengan metode pembelajaran tradisional dimana fokus utama adalah proses belajar mengajar. Pelaksanaan OBE dilakukan dengan mengintegrasikan beberapa proses antara lain desain kurikulum, asesmen dan metode belajar mengajar yang memberi tumpuan kepada apa yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. OBE menekankan agar capaian pembelajaran dapat dipenuhi dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai keadaan sosial, ekonomi dan budaya akademik.

Salah satu fasilitator Webinar Priorities Dr. Leni Sophia Heliani memaparkan bahwa pelatihan ini sangat strategis bagi setiap Perguruan Tinggi. Universitas harus mampu menghasilkan lulusan terbaik yang kompatible dengan kebutuhan industri. Hari ini, seorang sarjana tidak hanya diukur dari universitas mana ia lulus namun juga dari skill dan keahlian yang dikuasai. Ia berharap kedepan akan semakin banyak lembaga pendidikan di Indonesia yang menerapkan sistem OBE sehingga pengukuran terhadap mutu lulusan lebih terjamin.

Dekan FT Undip Prof. Ir. Moch. Agung Wibowo saat dihubungi memberi keterangan bahwa webinar ini sangat penting bagi peningkatan kualitas belajar mengajar dan penjaminan mutu instansi. Meskipun baru pertama kali dilakukan secara online dikarenakan pembatasan sosial (social distancing) ditengah wabah Covid-19 menurutnya tidak ada kendala berarti jika dibandingkan seminar yang dilakukan secara off-line bahkan webinar ini dinilai sangat efektif karena partisipasi peserta yang tinggi. Ia juga menambahkan bahwa adanya webinar ini merupakan bukti integritas FT Undip untuk tetap menjaga kualitas mutu di bidang pendidikan baik di tingkat nasional maupun internasional. (Mardian)