Home / Kabar Fakultas / UNDIP SIAP BERKONTRIBUSI PENUH DALAM UPAYA PENANGGULANGAN GEMPA NASIONAL

UNDIP SIAP BERKONTRIBUSI PENUH DALAM UPAYA PENANGGULANGAN GEMPA NASIONAL

(24/2) Semarang, Dekan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Prof. Ir. Moch. Agung Wibowo dalam Workshop Penerapan Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia dan SNI Bidang Bahan, Struktur dan Konstruksi Bangunan pada Perencanaan Struktur Gedung (Bahan Bangunan Tahan Gempa) di Hotel Santika 24-25 Februari yang lalu menyampaikan bahwa Undip sebagai universitas yang unggul dalam bidang keteknikan siap berkontribusi penuh dalam upaya penanggulangan gempa nasional.

Undip memiliki berbagai pakar di bidang mitigasi bencana terutama gempa dan strukutur bangunan, diantaranya: Dr. Windu Partono, Prof. Dr. Sri Tujono dan Prof. Dr. Han Ay Lie. Sebagai lembaga pendidikan dan pusat riset, Undip selalu memperbaharui metode keilmuannya, tidak hanya bergerak pada upaya penanggulangan bencana saja tetapi Undip telah memulai studi untuk pengurangan dampak bencana bahkan upaya untuk menghindari bencana tersebut. Acara yang diadakan atas kerjasama Kementerian PUPR, Pemprov Jateng, Undip, Pusat Gempa Nasional (PusGeN), Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia (HATTI) dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Indonesia (LPJKI) dihadiri oleh ratusan orang termasuk para pakar keteknikan dan kegempaan nasional.

Dr. Windu Partono Dosen Teknik Undip selaku moderator membuka sekaligus memandu acara ini. Sambutan juga disampaikan oleh Ketua Tim Pemutakhiran Peta Sumber dan Bahaya Gempa Prof. Dr. Ir. Masyhur Irsyam, menurutnya, “Titik gempa di Indonesia meningkat menjadi 2-3 kali lipat bahkan di Pulau Jawa menjamurnya titik gempa ini hampir mencapai 4 kali lipat dari 10 titik menjadi 37 titik. Adanya pemutahkhiran data ini hendaknya menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan  masyarakat agar lebih mawas diri dalam upaya tanggap bencana”. (Mardian)

About farida farida

Baca Juga..

FAKULTAS TEKNIK DITUNJUK SEBAGAI ROLE MODEL UNDIP TERKAIT ZI WBK/WBBM

Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM) merupakan salah satu predikat …

segenap pimpinan dan civitas akademika Fakultas Teknik Universitas Diponegoro mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri …