Home / Kabar Fakultas / Undip Peroleh Penghargaan Tata Kelola IT " Top National Tesca Winner 2014 "

Undip Peroleh Penghargaan Tata Kelola IT " Top National Tesca Winner 2014 "

Semarang, ft.undip.ac.id. Pengelolaan Teknologi dan Sistem Informasi Undip mendapat Penghargaan ” Top National Tesca Winner 2014 ” Smart Campus. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh dan Dirut PT. Telkom Arif Yahya di Jakarta ( JS Luwansa ) Rasuna Sahid 17 Juni 2014.

Undip mendapat Penghargaan pada kategori tertinggi / Top National bersama dengan 10 Universitas lainnya : ITB, ITS, UI, Unair, Unnes, Unpad, Binus, Gunadarma, Univ. Budi Luhur dan  UIN Kalijaga. ( selengkapnya )

Mendikbud RI Prof. Muhammad Nuh, pada sambutannya menyampaikan IT diharapkan berkembang dari mulai Fase  :

  1. ICT  sebagai penunjang proses bisnis / support) – fase pertama
  2. ICT sebagai penggerak ide proses bisnis organisasi / driven – fase kedua
  3. ICT sebagai “pemungkin” memberikan kemampuan organisasi menjadi mampu melakukan sesuatu peningkatan yg baru – Driven – fase ketiga
  4. ICT sebagai TRANSFORMATION membangkitkan ide ide baru proses bisnis organisasi – Transformation.

Metode Framework Penilaian menggunakan Metodologi “ZEN Framework” “ZEN Framewok” adalah suatu metodologi self assessment yang dikembangkan tiga profesor yang juga bertindak sebagai Dewan Juri TeSCA, yaitu : Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D, Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit, dan Prof. Ir. Nizam MSc., Ph.D.

Penilaian / Pengukuran Metode ini tersusun atas delapan parameter penilaian yaitu :  (1) Suprastruktur Kampus, (2) Infrastruktur Teknologi, (3) Profil Pemangku Kepentingan, (4) Ragam Pemanfaatan Aplikasi, (5) Strategi Pendidikan Nasional, (6) Dampak dan Manfaat Penerapan Teknologi, (7) Komunitas Eksternal dan (8) Adopsi Trend. Selanjutnya dari delapan parameter tersebut, dikembangkan ke dalam 39 sub parameter, yang kemudian diwujudkan menjadi 120 buah pertanyaan / kuesioner yang terkait pengukuran dan perkembangan pemanfaatan TIK di perguruan tinggi.

Prestasi yang didapatkan Undip dibidang IT buah kerja keras, dedikasi dan semangat seluruh komponen/ entitas pengguna, pelaku,  pengelola IT serta komitmen Pimpinan Undip dalam bidang IT guna membuat fase – fase ICT dapat berjalan, bertumbuh dan men-drive seluruh proses bisnis Universitas Diponegoro. Selamat untuk programmer, webmaster, penata jaringan, operator baik di tingkat Jurusan/prodi, fakultas, biro, lembaga maupun tingkat universitas.

Prestasi Tata Kelola IT Undip ini mengulangi prestasi yg diraih tahun 2010 ( Undip Juarai Tesca 2010 ) dengan peningkatan pada seluruh aspek penilaian ( Tesca 2014)

Tautan :

  1. Tesca Indonesia
  2. Undip Juarai Tesca 2010

Dokumentasi

  1. Foto Kegiatan pada saat Visitasi / Kunjungan Asesor Tesca 2014 ke Undip (Gedung ICT lantai 2)
  2. Piagam Penghargaan dan Tropy
  3. Dokumentasi dengan Dewan Juri ( Prof. Zaenal Hasibuan )
  4. Penyerahan Penghargaan oleh Mendikbud diterima wakil Undip

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

RE-SERTIFIKASI ISO 9001:2015 FAKULTAS TEKNIK TERUS BERBENAH

Fakultas Teknik Undip terus berbenah. Melalui re-sertifikat ISO 9001:2015, FT Undip melakukan serveillace audit ISO …

FT UNIVERSITAS MULAWARMAN BERKUNJUNG DI DEKANAT FT UNDIP

Beberapa waktu yang lalu Fakultas Teknik kembali mendapatkan kunjungan study banding dari Universitas Mulawarman. Kali …

Leave a Reply