Home / Kabar Fakultas / Undip mulai Menjaring Calon Rektor periode 2010 – 2014

Undip mulai Menjaring Calon Rektor periode 2010 – 2014

Semarang, Undip.ac.id. Atmosfer pemilihan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) periode 2010 – 2014 mulai terasa di kampus Undip. Hari ini Selasa – Jum’at depan (4-7), panitia pemilihan rektor  memulai aktifitasnya, dengan melakukan sosialisasi di 12  fakultas yang ada di lingkungan Undip. Dalam masa sosialisasi ini telah diterjunkan sedikitnya 24 orang petugas , dengan rincian  masing-masing fakultas ditunjuk dua orang dosen. Dengan  sosialisasi secara dini ini, diharapkan akan menghasilkan calon pemimpin Undip ke depan yang berkualitas.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Undip 2010-2014, Prof Dr Sunarso, MS  yang juga selaku sekretaris senat kepada humas mengatakan, bahan sosialisasi antara lain meliputi permendiknas nomor 67 tahun 2008, tentang pengangkatan dan pemberhentian dosen sebagai pimpinan perguruan tinggi dan pimpinan fakultas, peraturan universitas Diponegoro No.1 tahun 2010, tentang tata cara pemilihan pimpinan Undip dan fakultas pada Universitas Diponegoro, Keputusan Rektor selaku ketua senat Nomor 35/SK/H7/2010 Undip tentang pembentukan Panitia Pemilihan Rektor Undip periode 2010-2014. Jadwal kegiatan pemilihan rektor, tata cara pendaftaran, pengisian form 1-4 serta skema tatacara pemilihan dan berbagai materi lainnya.

Prof Sunarso yang dibantu sembilan orang anggota panitia berusaha mengedepankan azas demokrasi dalam pemilihan jabatan prestisius di lembaga tertinggi Undip ini. “Dalam setiap pergantian pimpinan, baik di lini, lembaga, dan level  manapun  termasuk di lingkungan civitas universitas dinponegoro ini, kami akan berusaha menerapkan azas demokrasi, yakni jujur dan keterbukaan. Semua dosen yang memenuhi syarat kualifikasi  yang ada silahkan mendaftarkan diri. Iklim demokrasi ini akan terus digelorakan di lingkungan Undip yang muaranya bisa menjadi budaya dalam setiap pemilihan pemimpin di semua level,” kata Sunarso.

Sunarso menambahkan, pada langkah awal memulai kegiatan ini, pihak panitia belum nememui kendala yang berarti. Sebab, pekerjaan pemilihan rektor semacam ini sudah menjadi pekerjaan  biasa dari waktu ke waktu. Bahkan, bisa dibilang lancar-lancar saja, karena semua kepanitiaan yang terlibat adalah para pegawai yang profesional di bidangnya.

Yang pasti, lanjut Sunarso, bagi pelamar rektor diwajibkan datang secara langsung ke sekretariat pendaftaran, Jln. Imam Barjo,SH No.1 Semarang, dengan melengkapi pas photo berwarna ukuran 4×6 (2 buah), formulis kesediaan, daftar riwayat hidup, surat keterangan sehat jasmani dari dokter, bagi calon rektor yang telah ditetapkan senat universitas sebagai bakal calon rektor diwajibkan mengumpulkan makalah dalam bentuk hard dan soft copy, yang berisi tentang motivasi, pemikiran strategis, dan rencana program tentang pengembangkan Undip sesuai dengan visi dan misi Undip paling lambat tgl 27 Mei 2010 jam 15.00. Penyampaian program kerja secara panel akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2010, di Auditorium Imam Barjo, masing-masing peserta diwajibkan menyampaikan makalah selama 15 menit , dan tanta jawab.

Lima calon mengemuka.

Sampai saat ini, siapa figur calon rektor Undip 4 (empat) tahun mendatang memang masih mienjadi pertanyaan tersendiri. Namun beberapa data yang dihimpun, paling tidak ada beberapa kandidat  rektor yang  mulai mengemuka. Hanya saja, siapa nama figur tersebut hingga saat ini masih belum mengemuka dengan jelas. Yang pasti, selain incumbent (Rektor sekarang Prof Dr Susilo Wibowo), masih ada beberapa calonlain yang mulai melirik kursi orang pertama di lingkungan Undip ini dari beberapa fakultas yang ada di Undip 

Pada hari-hari kedepan dinamika pemilihan Rektor Undip ini akan berus berubah,  dari  opini yang berkembang persaingan antar kandidat  rektor ini akan berlangsung cukup ketat, sebab pemimpin Undip ke depan harus bisa menancapkan bendera Undip menjadi  leader di level nasional, tapi internasional.

Sumber: http://undip.ac.id/index.php/genedrang-pemilihan-rektor-undip-mulai-ditabuh.html

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

KASUBBAG AKADEMIK FT SABET JUARA 3 DIKTENDIK BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL

TEKNIK BANGGA!!! Itulah kata yang patut disematkan kepada Ibu Fitriana Iftatika, Kasubbag Akademik Fakultas Teknik. …

PELATIHAN SOFT SKILL CALON WISUDAWAN FT

Siapa bilang kalau kuliah sudah selesai lalu dibiarkan begitu saja?? Di Fakultas Teknik, tidak seperti …

Leave a Reply