Home / Kabar Fakultas / Undip Ikuti Ajang Simulasi PBB 2011

Undip Ikuti Ajang Simulasi PBB 2011

Semarang, ft.undip.ac.id, undip.ac.id – UNDIP untuk kedua kalinya kembali mengirimkan delegasi untuk mengikuti kegiatan Harvard National Model United Nation (HNMUN) 2011 yang akan digelar dari  17-20 februari 2011 Boston, USA. HNMUN adalah ajang bergengsi yang memberikan kesempatan bagi delegasi yang merupakan mahasiswa dari perguruan tinggi untuk melihat fungsi dan tanggung jawab Perserikatan Bangsa-bangsa dan organisasi intra-pemerintahan lainnya, serta mensimulasikan beragam komite yang berbeda dalam badan PBB.

 Pengiriman delegasi UNDIP ke ajang HNMUN 2011 diprakarsai oleh International Office UNDIP untuk lebih mengangkat nama Undip ke dunia internasional. Drs. Sapto Purnomo Putro, Msi  selaku Head of Internatonal Office mengatakan bahwa “Acara yang dihadiri oleh universitas terkemuka di dunia ini menjadi investasi jangka panjang bagi Undip pada umumnya dan para delegasi pada khususnya karena mereka dapat menjalin networking dengan sesama mahasiswa dari seluruh dunia.”

 Delegasi yang dikirim Undip keajang tersebut terdiri dari 15 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai Fakultas mereka adalah Fanni Fattah FT , Putri Pramudya, Tri Wahyudi , Deni Arisanto, Issa Samichat dari Fakultas Teknik, Aditya Paramitha dan Edward Sutanto dari Fakultas Kedokteran, Andina Dwi K, Enggi Dewanti, Fany Ayuningtyas dari Fakultas Ilmu Budaya, Andreas Ardhianto dan Rizky Akita dari Fakultas Ekonomi, Malta Nur dari Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Imam Wahyu R dari Fakultas Hukum dan Nestin Evrina dari Fakultas Perikanan Ilmu Kelautan. Mereka akan didampingi oleh Dr. Ir Bambang Sulistiyanto, M.AgrSc sebagai Faculty Advisor, Drs. Sapto Purnomo Putro, M.Si, Ph.D sebagai investigator, Buna Rizal Rahman sebagai supervisor.

 Fanni Fattah selaku ketua kontingen menjelaskan selama ini telah melakukan persiapan yang matang terutama latihan dalam berbahasa inggris,  untuk kesiapan secara pengetahuan kami satu tim setiap hari banyak belajar dan mengasah wawasan kami mengenai negara yang kami wakili nanti, secara material kami banyak didukung dari berbagai pihak antara lain Undip sebagai lembaga pendidikan kami, Kementrian Pendidikan Nasional dan bantuan dari berbagai mitra UNDIP seperti, Bank Rakyat Indonesia, dan Djarum Fondation”

 Dalam simulasi sidang PBB tersebut, Undip akan mewakili negara Tajikistan yang meruapakan negara ketiga pecahan Uni Soviet. Diajang HNMUN nanti delegasi akan dibagi dalam berbagai komite dimana setiap  komite akan membahas dua topik signifikan menyangkut masalah internasional, dan cakupan komite yang luas akan membuat setiap delegasi dapat memilih topik sesuai minatnya.

 Rektor Undip, Prof. Soedharto P. Hadi MES, PhD berpesan kepada para delegasi undip untuk bisa menjaga dan membawa nama UNDIP ke kancah Global dengan tidak melepas visi kita bersama yaitu menjadi Universitas yang Unggul dan Peduli. Dimana untuk mewujudkan hal tersbut dibutuhkan insan yang cerdas dan kompetitif. “Disana adik-adik mahasiswa akan belajar mengenai bagaimana bernegosiasi serta berdiplomasi dengan hasil yang yang menguntungkan kedua belah pihak,  sehingga setiap delegasi dituntut untuk mampu bertenggang rasa, mengutamakan kesetaraan dalam menyampaikan pendapat, sprotif dan menghargai delegasi yang lain  serta menyampaikan argumentasi sistematis dan logis” pesan prof Dharto.

“Selain itu setiap delegasi harus mempunyai semangat yang tinggi, karena tidak hanya sekedar membawa nama baik Undip di ajang internasional tetapi juga membawa nama bangsa dan negara” paparnya lebih lanjut.  “Dalam beberapa tahun kedepan Undip mengupayakan untuk memelopori pelaksanaan kegiatan sejenis dengan menghimpun beberapa perguruan tinggi di Semarang dan Jawa Tengah sehingga akan mampu memfasilitasi bakat mahasiswa, mengenalkan tentang organisasi internasonal, selain itu juga mampu meningkatkan nama baik Universitas” tekannya lebih lanjut.
 
 

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

KASUBBAG AKADEMIK FT SABET JUARA 3 DIKTENDIK BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL

TEKNIK BANGGA!!! Itulah kata yang patut disematkan kepada Ibu Fitriana Iftatika, Kasubbag Akademik Fakultas Teknik. …

PELATIHAN SOFT SKILL CALON WISUDAWAN FT

Siapa bilang kalau kuliah sudah selesai lalu dibiarkan begitu saja?? Di Fakultas Teknik, tidak seperti …

Leave a Reply