Home / Kerjasama / TINGKATKAN SARANA KULIAH ONLINE, FT UNDIP HADIRKAN SMART CLASS ROOM

TINGKATKAN SARANA KULIAH ONLINE, FT UNDIP HADIRKAN SMART CLASS ROOM

Foto: Dekan FT Undip Prof. Ir. Moch. Agung Wibowo (paling kanan) menerima penyerahan bantuan kemitraan dari Bank Jateng seabagai upaya mewujudkan fasilitas Smart Class Romm di lingkungan FT Undip.

SEMARANG, mewujudkan visi sebagai fakultas unggul berbasis riset, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (FT Undip), terus meningkatkan sarana dan prasarana. Termasuk, salah satunya menghadirkan Smart Class Room , untuk membantu proses belajar mengajar secara online, ditengah pandemi covid-19.

“Smart Class Room ini sebagai sarana bagi dosen, agar lebih mudah dalam menyampaikan kuliah , karena difasilitasi dengan kamera beresolusi tinggi, hingga smart screen power point. Sehingga, menjadikan setiap usaha dari dosen dalam penyampaian pembelajaran ini bisa direkam, untuk kemudian didistribusikan kepada mahasiswa,” papar Dekan FT Undip Prof.Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD di kampus Undip, Tembalang, Semarang, Rabu (9/9/2020).

Dipaparkan, layaknya sebuah film, materi pembelajaran ini juga bisa diputar kembali oleh mahasiswa, sehingga hal tersebut, diharapkan juga bisa membantu mahasiswa dalam menyerap materi yang diajarkan.

“Jadi kalau masih belum paham, materinya bisa diputar kembali, seperti nonton film. Harapannya, para mahasiswa bisa lebih mudah menerima dan menyerap pembelajaran yang disampaikan,” terangnya.

Prof Agung menambahkan Smart Class Room tersebut juga dihubungkan dengan laboratorium multimedia dari departemen teknik komputer FT Undip. “Mereka kita beri tanggung jawab untuk mengelola Smart Class Room ini, sehingga nantinya juga bisa dimanfaatkan sebagai laboratorium,” tambahnya.

Pihaknya berharap dengan penambahan sarana prasana tersebut, selain mampu mendukung proses pembelajaran, juga mendorong pencapaian visi FT Udip sebagai fakultas unggul berbasis riset.

Di satu sisi, dalam proses pembangunan Smart Classroom tersebut, selain melalui anggaran dari universitas dan fakultas,  pihakya juga mendapat bantuan dana kemitraan. Termasuk salah satunya, dari Bank Jateng.

“Jadi pendanaan Smart Class Room ini, dari sejumlah sumber, dari fakultas, universitas, maupun sponsorship kemitraan, termasuk dari Bank Jateng. Mohon doa restunya, agar usaha ini benar-benar bisa bermanfaat bagi adik-adik mahasiswa. Mereka semakin mudah menerima pembelajaran, termasuk dosen juga lebih mudah dalam penyampaian dan pengiriman materi,” tandas Prof Agung.

Selain pengembangan Smart Class Room , FT Undip juga tengah meningkatkan fasilitas ruang teater, yang selama ini digunakan untuk beragam kegiatan. Termasuk untuk kuliah dosen tamu dari luar negeri.

“Kita juga memiliki fasilitas ruang teater, yang kini juga kita lengkapi dengan beragam fasilitas. Termasuk untuk mendukung pembelajaran online, nantinya bisa dimanfaatkan sebagai ruang kuliah bagi dosen-dosen atau profesor dari luar negeri,” pungkasnya.

Sementara, Wakil Dekan Sumber Daya FT Undip Dr. Abdul Syakur, ST, MT, menambahkan pembangunan Smart Class Room tersebut ditargetkan bisa selesai pada tahun ini, sehingga bisa langsung digunakan.

“Sesuai rencana dari Universitas, bahwa ke depan perkuliahan di Undip akan dilaksanakan secara online, mengingat pandemi covid-19 masih berlangsung. Untuk itu, kita manfaatkan lantai 4 di gedung FT Undip, untuk keperluan perkuliahan secara online dengan membuat smart class room,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pembangunan fasilitas tersebut, juga menjadi upaya FT Undip dalam mendukung kebijakan Rektor dalam mewujudkan Undip Digital.

“Sementara, dari segi anggaran pembangunan. Selain dari internal, juga ada bantuan dari eksternal, yakni para mitra Undip. Termasuk kita mendapatkan bantuan dari Bank Jateng sebesar Rp 150 juta,” pungkasnya. (Source: https://wawasan.co/news/detail/14318/tingkatkan-sarana-kuliah-online-ft-undip-hadirkan-smart-class-room)

About mardian ramaji

Baca Juga..

DOSEN FT CIPTAKAN ROBOT PEMBANTU TENAGA MEDIS

Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahwa banyak tenaga pengajar di Fakultas Teknik …

PEMBAHASAN KERJASAMA KERJA PRAKTIK DENGAN PT ADHI KARYA

Fakultas Teknik terus berinovasi dalam menghadapi pandemic corona covid 19 ini. begitu juga yang dilakukan …