Home / Kabar Fakultas / TIM EKSPEDISI NKRI 2013 KORIDOR SULAWESI SOSIALISASI DI FAKULTAS TEKNIK UNDIP

TIM EKSPEDISI NKRI 2013 KORIDOR SULAWESI SOSIALISASI DI FAKULTAS TEKNIK UNDIP

Semarang.ft.undip.ac.id.Universitas Diponegoro menjadi tuan rumah dalam acara sosialisasi Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi yang diselenggarakan oleh Kopasus dan Menkokesra, Rabu, 6/2,di Dekanat Fakultas Teknik lt.3 Kampus Undip Tembalang. Sosialisasi ini dihadiri oleh Rektor PTN dan PTS se- Jawa Tengah.

Ekspedisi ini mengambil Tema Besar “ Lestarikan Alam Untuk Pembangunan Berkelanjutan Demi Kesejahteraan Rakyat”. Wakil Komandan Jendral Kopasus, Brigjen Jaswandi menyampaikan bahwa “ Ekspedisi ini merupakan Bentuk Kecintaan dan Kebanggan kita pada Ibu Pertiwi”. “Sehingga dalam pelaksanaannya kami banyak melibatkan lembaga serta rekan-rekan relawan” tegasnya.

Jaswandi juga menambahkan bahwa “Ekspedisi yang dimaksud dalam kegiatan ini mencakup 3 hal yaitu, Pertama adalah Penjelajahan, melihat secara langsung bagaimana geografi Indonesia. Kedua, Penelitian dimana dalam ekspedisi ini melibatkan Pakar dan ahli dalam meneliti lebih dalam akan potensi kekayaan alam serta mitigasi bencana. Ketiga adalah Kegiatan Sosial dimana dalam ekspedisi ini menjalin komunikasi sosial dengan masyarakat sebagai bentuk persatuan bangsa.

Ini adalah kali ketiga kami mengadakan ekspedisi seperti ini, kami mengawali ekspedisi ini pada tahun 2011 yang kita namakan Ekspedisi Bukit Barisan dengan wilayah Pulau Sumatera, kemudian Tahun 2012 Ekspedisi Katulistiwa dengan Wilayah Pulau Kalimantan dan 2013 ini Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi, jelas Jaswandi.

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Sudharto P. Hadi, MES, PhD menyampaikan sambutannya bahwa “kegiata semacam ini adalah sangat positif, terutama dalam pembentukan Karakter Bangsa. 4000 etnis yang dimiliki Indonesia, serta keberagaman Budaya adalah Fitrah yang harus disyukuri sebagai potensi dan kelebihan sehingga harus disikapi dengan toleransi”.

Prof Dharto menambahkan bahwa, “Dari segi Ilmu Pengetahuan kegiatan semacam ini dapat menjadi ajang mengekslporasi kekayaan alam yang ada. Harapannya kegiatan ini dapat membantu menjawab persoalan-persoalan yang aktual terutama persoalan Karakter Bangsa”.

Dalam Sosialisai tersebut Letkol. Inf. Rafail menjelaskan bahwa Kegiatan ini mempunyai maksud dan Tujuan sebagai berikut Mendata dan meneliti segala potensi kekayaan alam di Hutan, Gunung dan Pegunungan Ralasuntai serta Pulau terdepan bersama segenap komponen Bangsa sebagai sumbangsih TNI, POLRI dan Masyarakat kepada Pemerinah RI dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. Membangkitkan Kesadaran Teritorial, Sehingga dapat dikelola menjadi  keunggulan teritorial, Memberikan keteladanan kepada masyarakat untuk menjaga hutan melalu program Green, Clean dan Healthy serta Membantu mengatasi kesulitan rakyat.

Untuk itu dalam Ekspedisi yang rencananya akan dilakukan selama 4 bulan ini mempersyaratkan Mahasiswa minimal semester 5 atau persyaratan yang ditentukan oleh Fakultas masing-masing, melampikan transkrip nilai terakhir, Biodata, Fotocopy KTP dan Kartu Mahasiswa, Surat Rekomendasi Perguruan Tinggi, Surat Ijin Orang Tua, Surat Keterangan Sehat dari Dokter, Surat Pernyataan Ekspedisi, Transkrip Nilai terakhir dan Pas Foto. Lebih lanjut dapat dilihat di website : www.ekspedisinkri.com.

Dilibatkannya Pakar dan Mahasiswa dimaksudkan untuk mencapai sasaran dari Ekspedisi ini yaitu Terdatanya kerusakan lingkungan & dapat menumbuhkan kesadaran  masyarakat untuk melakukan REBOISASI  & Menjaga KELESTARIAN ALAM, Terdatanya Flora dan Fauna Yang hampir punah & ditemukannya spesies baru, Terpetakannya potensi Geologi sehingga dapat diolah dengan baik guna kesejahteraan rakyat serta dapat mengantisipasi  kerugian besar akibat bencana yang dihadapi, Tergalinya Sosial Budaya setempat serta kearifan lokal, Terjaganya Keutuhan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan mewujudkan jiwa persatuan dan kesatuan antara TNI ,Polri dan seluruh komponen Bangsa, Terwujudnya Rasa Cinta Tanah Air dan terpeliharanya kelestarian alam di Pulau  Sulawesi, serta Terbantunya kesulitan rakyat dalam hal perumahan, kesehatan, pendidikan dan meningkatnya kesejahteraan rakyat.

Berita terkait : www.undip.ac.id

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

KASUBBAG AKADEMIK FT SABET JUARA 3 DIKTENDIK BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL

TEKNIK BANGGA!!! Itulah kata yang patut disematkan kepada Ibu Fitriana Iftatika, Kasubbag Akademik Fakultas Teknik. …

PELATIHAN SOFT SKILL CALON WISUDAWAN FT

Siapa bilang kalau kuliah sudah selesai lalu dibiarkan begitu saja?? Di Fakultas Teknik, tidak seperti …

Leave a Reply