Teknik Geodesi Gandeng PT Asaba Wujudkan Surveillance Infrastruktur Bangunan Berbasis Teknologi 3D

Kuliah umum Teknik Geodesi dengan PT Asaba, 4 September 2019

Baru-baru ini Fakultas Teknik kembali mengadakan kuliah umum dan workshop. Kali ini kegiatan yang diusung adalah Kuliah umum dan workshop pemanfaatan teknologi terrestrial laser scanner (TLS) untuk pemantauan (Surveillance) Infrastruktur  bangunan berbasis teknologi 3D. Kegiatan ini tidak dilakukan secara mandiri, namun juga menggandeng PT. Asaba sebagai mitra kerjasama dan beberapa civitas akademiki di Universitas Diponegoro.

Terrestrial Laser Scanner (TLS) merupakan salah satu metode penentuan posisi yang menggunakan teknologi scanning dengan menempatkan alat survey tersebut diatas permukaan bumi. Metode TLS ini dapat menghasilkan jutaan titik (dalam system koordinat tertentu) dalam waktu yang relative singkat dan ketelitian yang tinggi (orde millimeter). Hasil Pengukuran TLS adalah awan titik/point clouds yang memiliki koordinat secara 3D. Variasi jangkauan TLS antara lain jangkauan pendek (kurang dari 50m), jangkauan menengah (50m-350m) dan jangkauan jauh (350m-6KM). Metode TLS saat ini banyak dikembangkan untuk berbagai aplikasi, diantaranya untuk pemantauan longsor dan aktivitas gunung api, pemodelan kota, pertambangan (desain, monitoring, volume), sipil, arsitekture, dokumentasi situs bangunan sejarah dan Pemetaan 3D

Penyerahan Software Maptek I-Site Studio, 5 September 2019

Narasumber kegiatan ini merupakan vendor dan praktisi Terrestrial Laser Scanner(TLS), yaitu Aditya Arie Wibowo, ST. dari PT. Asaba. Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Siswo Sumardiono, selaku  Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Dalam sambutannya Dr. Siswo Sumardiono menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum dan workshop dengan mitra kerjasama ini tidak hanya untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dengan teknologi yang sedang dikembangkan namun juga sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas SDM secara professional.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 4 September 2019 di B302 Gedung Kuliah Bersama (GKB) Universitas Diponegoro yang membahas tentang materi Terestrial Laser Scanner (TLS) dan tanggal 5 September 2019 di Ruang Sidang Senat lantai 3 Dekanat Fakultas Teknik yang membahas pengarahan dan penjelasan teknik akuisisi TLS serta praktek pengukuran 3D bangunan dengan TLS dan pengolahan data hasil TLS berupa point cloud yang dapat diolah menjadi model 3D. Kegiatan ini disertai hibah Software Maptek I-Site Studio dalam rangka menunjang pemanfaatan aplikasi pemodelan 3D dari PT Asaba kepada Departemen Teknik Geodesi.

About farida farida

Baca Juga..

KASUBBAG AKADEMIK FT SABET JUARA 3 DIKTENDIK BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL

TEKNIK BANGGA!!! Itulah kata yang patut disematkan kepada Ibu Fitriana Iftatika, Kasubbag Akademik Fakultas Teknik. …

PELATIHAN SOFT SKILL CALON WISUDAWAN FT

Siapa bilang kalau kuliah sudah selesai lalu dibiarkan begitu saja?? Di Fakultas Teknik, tidak seperti …