Home / Kabar Fakultas / TANGAN KAKI BUATAN FT UNDIP

TANGAN KAKI BUATAN FT UNDIP

Fakultas TeknikFakultas Teknik terus memunculkan inovasi-inovasi baru yang melibatkan dosen, mahasiswa maupun staff di lingkungan FT Undip. Pengembangan kaki palsu yang elastis ini dimotori oleh Dr.Rifky Ismail ST,MT dengan kerja sama Rumah Sakit Negeri Diponegoro. Proyek merupakan penelitian pengembangan kaki palsu hingga tangan bionic dikhususkan untuk teman-teman yang memiliki kebutuhan khusus (difabel). Rifky yang merupakan dosen departemen Teknik Mesin ini sudah berhasil mengembangkan albiondi bionic hand, kaki puma atau kaki untuk pelari yang didukung oleh RSUP dr Kariadi, RS Ramelan Surabaya hingga RS TNI AL.
Pada Kesempatan yang telah lalu mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan berkesempatan berkunjung ke Undip dan menyempatkan melihat kaki bionic yang dikembangkan Center for Bio Mechanics, Bio Materials, Bio Mechatronics and Bio Signal Processing (CBIOM3S). Inovasi ini sudah digunakan oleh TNI AL saat prajurit yang mengalami ledakan granat saat latihan. Meski belum di produksi secara masal, tangan dan kaki bionic bisa dipesan dengan harga kisaran 30-50 juta rupiah.

About Desy -

Baca Juga..

ZEOLITE FT UNDIP CURI EMAS DI JEPANG

Fakultas Teknik – Universitas Diponegoro yang menjadi salah satu anggota Ivy (kumpulan Universitas Favorit) di …

MAHASISWA FT UNDIP GAET EMAS DI MALAYSIA

Fakultas Teknik – Kegiatan World Young Inventors Exhibition (WYIE) merupakan rangkaian kegiatan International Invention, Innovation …