Home / Kabar Fakultas / RISET DOSEN DENGAN DANA HIBAH FT TEMBUS JURNAL BEREPUTASI TINGGI

RISET DOSEN DENGAN DANA HIBAH FT TEMBUS JURNAL BEREPUTASI TINGGI

Penelitian yang didanai Fakultas Teknik pada tahun 2019 tentang pemanfaatan citra satelit sentinel 2-A untuk estimasi perubahan tutupan lahan dan Blue Carbon masuk dalam Jurnal Applied Geography dengan Scopus SJR 1.22 dan Clarivate Analytics Web of Science IF: 3.58 atau setara dengan Q1.

Penelitian yang dilakukan Dr. Anang Wahyu Sejati dan Prof. Dr. rer. nat. Iman Buchori dari Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik ini berjudul Modelling Land Use Dynamic and Blue Carbon Storage in coastal area of Semarang Metropolitan Region dengan dana Hibah RKAT FT sejumlah Rp. 90.000.000,-.

Hasil penelitian ini menemukan beberapa fakta perubahan di pesisir sepanjang Kaliwungu Kendal, Kota Semarang, dan Sayung Demak yang berdampak pada berkurangnya tutupan lahan terutama mangrove sebagai salah satu dampak dari Industrialisasi di Pesisir Metropolitan Semarang. Ini penting sebagai masukan awal bagi pengambil kebijakan karena nilai strategis pesisir sebaiknya tidak hanya dilihat dari sisi ekonomi saja namun juga dari sisi keberlanjutan lingkungan. Riset ini akan dilanjutkan untuk mendetailkan variabel blue carbon dalam skala yang lebih detail.

Hasil dari penelitian ini terpublikasi pada jurnal dengan reputasi tinggi dengan judul artikel Quantifying the impact of industrialization on blue carbon storage in the coastal area of Metropolitan Semarang, Indonesia. Capaian ini membuktikan bahwa pendanaan riset di Fakultas Teknik telah memenuhi standar Internasional dan peneliti di Fakultas Teknik juga mampu bersaing di level internasional. Hal ini tentu memotivasi para peneliti lainnya dalam upaya mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal-jurnal internasional yang bereputasi tinggi.

Berikut pranala publikasi tersebut, gratis sampai 50 hari kedepan. Quantifying the impact of industrialization on blue carbon storage in the coastal area of Metropolitan Semarang, Indonesia

About farida farida

Baca Juga..

PENGUMUMAN: PENETAPAN PELAKSANAAN REGISTRASI ADMINISTRATIF MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMESTER GASAL TAHUN TAHUN AKADEMIK 2020/2021

DOSEN FT CIPTAKAN KAPAL UNTUK MEMBANTU NELAYAN

Baru-baru ini, Dosen Teknik Perkapalan, Dr. Eng Deddy Chrismianto, ST, MT telah selesai melakukan penelitiannya …