Home / Kabar Fakultas / Perusahaan Butuh Banyak Lulusan Geologi

Perusahaan Butuh Banyak Lulusan Geologi

Perusahaan di Indonesia masih membutuhkan banyak lulusan dari Jurusan Teknik Geologi untuk mengisi posisi di bidang tersebut. Sebab, perguruan tinggi yang memiliki jurusan itu masih sedikit.

‘’Setiap tahun lulusan dari Fakultas Teknik Jurusan Teknik Geologi hanya 20-25 orang. Bahkan sejak berdiri tahun 2004, pada awal periode hanya meluluskan sembilan orang. Jadi tidak seimbang dengan jumlah lulusan yang dibutuhkan perusahaan,’’ ungkap Dekan Fakultas Teknik Undip, Ir Sri Eko Wahyuni MS, seusai acara peletakan batu pertama di pembangunan gedung kuliah utama Fakultas Teknik dan gedung kuliah Teknik Geologi di Kampus Tembalang, Senin (21/6).

Perusahaan yang membutuhkan lulusan ahli di bidang bebatuan atau geologi, menurutnya, seperti PT Sinar Mas dan  PT Pertamina. Sementara daya tampung setiap tahun untuk jurusan tersebut hanya 120 orang.

Guna mendukung perkuliahan bagi mahasiswa di Jurusan Teknik Geologi, Undip mendapatkan bantuan dari PT Pertamina senilai Rp 6,5 miliar. Bantuan itu untuk program kemitraan bina lingkungan membangun gedung kuliah dengan fasilitas kafe dan pusat bisnis di kampus Tembalang. Selain itu, akan dibangun gedung dekanat.

”Pembangunan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas belajar mengajar di Undip, sehingga akan semakin banyak mahasiswa Fakultas Teknik yang berprestasi. Target pembangunan selesai dalam waktu lima bulan ke depan,” urainya.

Gedung kuliah jurusan Teknik Geologi akan dibangun dengan tiga lantai di tanah seluas 2.240 m2. Sementara gedung kuliah utama 3.500 m2 dan terdiri atas lima lantai. Dana pembangunan dibiayai dari Daftar Isian Proyek Anggaran (DIPA) Undip dengan perencanaan biaya sekitar Rp 13,85 miliar. Nantinya gedung juga dilengkapi conference room seluas 24 x 20 m2 sebagai fasilitas teleconference perkuliahan dengan beberapa universitas di luar negeri.

Penyerahan bantuan dari PT Pertamina diwakili oleh Manajer Program Kemitraan Bina Lingkungan, Yoke Syamsidar kepada Dekan Fakultas Teknik, Ir Sri Eko Wahyuni MS dan disaksikan oleh Rektor Undip, Prof Dr dr Susilo Wibowo MS Med SpAnd.

Yoke mengatakan, bantuan tersebut sebagai wujud kepedulian PT Pertamina terhadap dunia pendidikan. Dukungan itu bukan kali pertama, karena pada 2008 PT Pertamina juga memberikan bantuan saat pembangunan gedung Dekanat Fakultas Ekonomi Undip.

Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat melengkapi sarana pendidikan di Undip serta menghasilkan mahasiswa yang dapat menyumbangkan ilmu, terutama di bidang geologi.

Berita Terkait: Suara Merdeka, 23 Juni 2010

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

PELATIHAN SOFT SKILL CALON WISUDAWAN FT

Siapa bilang kalau kuliah sudah selesai lalu dibiarkan begitu saja?? Di Fakultas Teknik, tidak seperti …

FAKULTAS TEKNIK JAJAKI KERJASAMA DENGAN NANO CENTER

Pernah dengar Nano teknologi? Nanoteknologi adalah manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular. Diameter atom …

Leave a Reply