Fakultas Teknik terus berinovasi dalam menghadapi pandemic corona covid 19 ini. begitu juga yang dilakukan terhadap kerjasama yang telah dilakukan dengan pihak diluar UNDIP.

Selain itu, updating bentuk kerjasama juga dilakukan dalam pelaksanaan Kerja Praktik (KP). PT Adhi Karya merupakan salah satu tempat KP favorit bagi mahasiswa Fakultas Teknik. Dalam rangka mengakomodasi kepentingan mahasiswa yang akan KP, Fakultas Teknik melakukan pembahasan dengan 3 orang perwakilan PT Adhi Karya yang salah satu pembahasannya adalah tentang prosedur pelaksanaan KP online saat pandemi covid 19. Namun jika KP berupa pekerjaan lapangan, maka PT Adhi Karya berjanji akan memfasilitasi protokol kesehatan bagi para mahasiswa yang akan melakukan KP.

Salah satu inovasi kerjasama yang dilakukan adalah updating bentuk kerjasama dengan PT Adhi Karya. Setelah mencairkan beasiswa bantuan pandemi bagi mahasiswa Fakultas Teknik. Ir. Pundjung Setyabrata selaku Direktur Operasional PT. Adhi Karya tbk sekaligus alumni Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro tahun 1990 merasa bahwa pihaknya perlu ikut serta dalam meringankan beban mahasiswa dalam situasi ini. Dana sebesar 150.000.000,- (seratus lima puluh juta) diberikan secara khusus oleh PT. Adhi Karya kepada lebih dari 500 orang Mahasiswa FT UNDIP dalam bentuk pulsa kuota internet.

Secara umum, prosedur pelaksanaan KP di PT Adhi Karya setelah melakukan pembahasan dengan Dekan Fakultas Teknik, adalah:

  1. Pengajuan daftar mahasiswa yang akan magang / KP difasilitasi oleh Fakultas Teknik
  2. Sertakan kebutuhan bidang yang akan di KP-kan (khususnya tentang engineering construction)
  3. Model KP dilakukan secara daring/online
  4. Untuk bidang kontruksi yang harus ke lapangan, akan difasilitasi dengan protokol kesehatan yang ada.

Nah….bagi rekan-rekan mahasiswa, tidak perlu khawatir ya…. KP tetap berjalan and keep going….