Fakultas Teknik Universitas Diponegoro menerapkan English Day sebagai upaya percepatan internasionalisasi untuk mendukung program World Class University (WCU). English Day merupakan sebuah kegiatan dasar untuk melatih kebiasaan mendengar, membaca, berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris.

Kemampuan berbahasa Inggris saat ini sangat penting bagi dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan FT Undip, terlebih saat ini FT Undip telah membuka Program S1 Kelas Internasional atau International Undergraduate Program (IUP) di 3 Departemen yaitu IUP Teknik Kimia, IUP Teknik Sipil dan IUP Perencanaan Wilayah dan Kota.

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan setiap hari Senin dimulai pada bulan Desember 2020, sementara uji coba pelaksanaan English Day telah dilakukan pada Senin tanggal 30 November 2020 ini. Komitmen FT untuk mendukung program tersebut juga dibuktikan dengan diadakannya pelatihan kelas Bahasa Inggris untuk dosen dan tenaga pendidik yang dikoordinir oleh Kantor Urusan Internasional Fakultas Teknik. Kelas diadakan secara offline dan online untuk mengikuti himbauan pembatasan kegiatan masyarakat selama pandemi Covid-19. (Mardian)