Home / Kabar Fakultas / MENATAP MASA DEPAN SEBAGAI ALUMNI DIPONEGORO

MENATAP MASA DEPAN SEBAGAI ALUMNI DIPONEGORO

FAKULTAS TEKNIK UNDIP – “Selamat Datang di Dunia Nyata”, tagline inilah yang seringkali kita dengar saat masa kelulusan mahasiswa. Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dan diidamkan saat ini sangatlah ketat tidak hanya dari sumber daya manusianya namun juga dari kemampuan, keterampilan maupun keahlian yang dimiliki si pelamar kerja. Untuk itu dibutuhkan strategi jitu dalam menghadapi seleksi kerja. Dalam menghadapi fenomena inilah, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro menyelenggarakan Pelatihan Soft Skill untuk Calon Wisudawan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro pada hari Rabu, 20 April 2016 yang dimulai dari jam 07.30-16.00 WIB.

softskill2

Acara dibuka oleh Dr. Ing. Asnawi, ST., mewakili Dekan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro pada pukul 07.30 WIB. Sesi pertama disampaikan oleh Dian Ratna Sawitri, S.Psi, M.Si, Ph.D selaku pembicara yang membawakan topik tentang “Teknik dalam Menghadapi Peluang Kerja”. Pencari kerja harus menyiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi proses seleksi kerja. Melihat kesempatan yang ada adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh pencari kerja. Selain itu, yang harus diperhatikan dengan baik oleh pelamar kerja adalah Curriculum Vitae, surat lamaran pekerjaan, kesiapan menghadapi psikotes, kesiapan menghadapi wawancara kerja, kesiapan dalam melakukan diskusi general, serta kesiapan dari segi penampilan. Jangan sampai pencari kerja hanya bermodal ijazah dan transkrip saja tanpa kesiapan apapun dalam melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, karena hal itu akan memberikan kesan negatif.
softskill1

Sesi kedua disampaikan oleh Wahyu Prasetya yang membawakan topik tentang “Trik dan Tips Sukses Melamar Pekerjaan dan Menjadi Wiraswastawan serta Peran Alumni dalam Membantu Mengakses Lapangan Kerja”. Alumni mengambil peran penting dalam perekrutan calon tenaga kerja. Peran serta alumni dalam meyediakan informasi maupun pengetahuan mengenai sedikit banyak pekerjaan sesuai dengan bidangnya dapat memberikan kemudahan bagi lulusan baru dalam memilih pekerjaan yang tepat. Hal tersebut tentunya harus didukung dari pihak Universitas dalam menyediakan wadah yang tepat kepada para alumni.

Sesi terakhir dengan topik “Peran UCC dalam membantu Alumni memperoleh Pekerjaan yang Tepat” dibawakan oleh Fitrie Arianti, SE., M.Si. Undip Career Center (UCC) yang baru dirilis Februari 2016 merupakan wadah yang telah disiapkan oleh Universitas Diponegoro untuk pelayanan persiapan dan pengembangan karir terbaik bagi mahasiswa dan pencari kerja di Indonesia yang tersaji secara online yang dapat diakses melalui situs www.career.undip.ac.id. UCC memiliki 3 program kegiatan, yaitu Career Information Program, Career Preparation Program, dan Career Recruitment & Selection Program. UCC menyediakan informasi lowongan pekerjaan, career tips & tricks, career training, career counselling serta event career day dan campus recruitment & selection. Diharapkan dengan adanya UCC ini dapat memberikan pelayanan terbaik untuk lulusan Universitas Diponegoro dalam mencari pekerjaan dan menjadi wadah bagi pencari kerja untuk mendapatkan karyawan sesuai kompetensi yang diinginkan.

About salsa

Baca Juga..

FT MENDAPAT KUNJUNGAN DARI ADIK-ADIK SMA PGRI 1 JOMBANG

Adik-adik SMA penasaran bagaimana berkuliah di Fakultas Teknik UNDIP? Ya…itulah penasaran yang dialami oleh sejumlah …

KUNJUNGAN STUDI BANDING DARI FT UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Hari ini Fakultas Teknik UNDIP mendapat kunjungan studi banding dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang …