Home / Kabar Fakultas / Mahasiswa Fakultas Teknik Undip Juara 2 dan 3 dalam lomba kreativitas Teknik Mesin, Brawijaya Copter Competition 2013

Mahasiswa Fakultas Teknik Undip Juara 2 dan 3 dalam lomba kreativitas Teknik Mesin, Brawijaya Copter Competition 2013

Semarang, ft.undip.ac.id – Mahasiswa Fakultas Teknik Undip kembali menorehkan prestasi cemerlang ditingkat nasional yaitu Juara 2 dan Juara 3 dalam lomba kreativitas Teknik Mesin di Universitas Brawijaya, Malang. Perlombaan ini diberi nama “Brawijaya Copter Competition 2013” yang diselenggarakan dari tanggal 3 s.d. 5 Desember 2013 dan diikuti oleh 8 tim dari berbagai perguruan tinggi yang telah lolos seleksi awal.

Menurut dosen pembimbing tim, Joga Dharma Setiawan, Ph.D dari Jurusan Teknik Mesin, FT-Undip, dua tim mahasiswa yang mewakili Undip ini lolos pada seleksi awal dan keduanya mendapat gelar juara. Pertama adalah tim The Underdog (Ketua:Teguh Prabowo, anggota: Jonny Andreas Pakpahan, dan Septian Hadinata, semuanya adalah mahasiswa S1 T. Mesin 2011) meraih juara II. Tim kedua adalah tim Arundati (Ketua: Raditya Nalendro, T. Sipil 2008, anggota: M. Rizki Ibrahim Hanan dan Ahmad Hidayat, keduanya dari T. Mesin 2010) meraih juara III.

Lomba ini mengusung konsep “Inovasi Dunia Kedirgantaraan Dengan Quadcopter Berteknologi Control Semi Otomatis” dengan tujuan utama sebagai sarana untuk mengajak, mendidik dan menarik minat mahasiswa dalam rangka menyiapkan bibit unggul peneliti dan ahli robotika di bidang kedirgantaraan untuk kemajuan dan kemandirian Bangsa Indonesia. Dalam lomba ini peserta diwajibkan merancang wahana terbang nirawak Quadcopter untuk dapat melakukan misi Take Off, Flying dan Landing secara akurat dan secepat mungkin serta misi Aerobatik melewati beberapa rintangan naik turun dan zigzag dalam 3 dimensi ruang.

Pada hari pertama peserta melakukan trial lapangan dan verifikasi. Penilaian pada hari kedua yaitu melalui presentasi meliputi: 1. Desain: konstruksi mekanik, estetika, dan elektronika, 2. Spesifikasi Wahana, 3. Konsep dan Proses Manufaktur, 4. Aspek Keselamatan dan sistem fail-safe, dan 5. Keterkaitan dengan Tema lomba. Puncak acaranya yaitu pada hari ketiga peserta bertarung dalam melakukan misi terbang bertempat di GOR Pertamina Universitas Brawijaya.

Sebagai Juara II tim The Underdog, yang merancang wahana nirawak yang diberi nama “Antaboga II” mendapatkan trophy+ uang tunai Rp. 5 juta. Sedangan sebagai Juara II, tim Arundati dengan wahana yang diberi nama “Gendhela” mendapatkan trophy+uang tunai Rp. 3 juta.

Menurut Teguh Prabowo, kedua tim Undip mendapat skor terbaik dalam ketangguhan melaksanakan misi terbang dengan waktu kecepatan yang sama cepat yaitu 15 detik dibanding dengan tim UGM yang merebut juara I memerlukan waktu lebih lama yaitu 38 detik, namun penilaian juga tergantung presentasi 40 % imbuhnya. Hal ini disampaikan saat diterima Dekan Fakultas Teknik, Bambang Pudjianto pada Senin pagi, 9 Desember 2013.

Selanjutnya Teguh mengatakan bawah Antaboga 2 adalah versi ringan dari Antaboga 1 yang telah melakukan pemotretan udara kampus Undip Tembalang dan foto-fotonya dapat dilihat di www.labterpadu.undip.ac.id/robotica. Sementara itu, Antaboga 2 juga siap dimodifikasi agar dapat dimanfaatkan untuk pemotretan udara, sambil menunggu mengikuti perlombaan berikutnya.

Tautan Berita:  www.undip.ac.id

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

KASUBBAG AKADEMIK FT SABET JUARA 3 DIKTENDIK BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL

TEKNIK BANGGA!!! Itulah kata yang patut disematkan kepada Ibu Fitriana Iftatika, Kasubbag Akademik Fakultas Teknik. …

PELATIHAN SOFT SKILL CALON WISUDAWAN FT

Siapa bilang kalau kuliah sudah selesai lalu dibiarkan begitu saja?? Di Fakultas Teknik, tidak seperti …

Leave a Reply