Home / Kabar Fakultas / Magister Teknik PWK gelar Kuliah Umum bertemakan Natural Hazards

Magister Teknik PWK gelar Kuliah Umum bertemakan Natural Hazards

Baru-baru ini, Fakultas Teknik kembali menjadi tuan rumah atas penyeleggaraan kuliah umum bersama dosen asing. Kali ini Kuliah umum bertemakan Natural Hazards in Indonesia impact on regional planning diselenggarakan atas kerjasama Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik dan Sekolah Vokasi UNDIP. Dengan sasaran para mahasiswa dan dosen PWK, kuliah ini berhasil memberikan wawasan tentang pentingnya siyal bahaya alam yang berdampak pada perencanaan suatu wilayah.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. M. Agung Wibowo yang menyampaikan bahwa kuliah umum dengan dosen asing ini merupakan salah satu usaha kita untuk memberikan wawasan kepada teman-teman dan adek-adek mahasiswa, bahwa ilmu yang kita pelajari juga dipelajari oleh pihak asing. Beliau menambahkan, “sudah sepatutnya kita juga belajar, bertukar pikiran dengan pihak luar dan jangan sampai kita kalah ilmu dengan mereka apalagi untuk mempelajari negeri nya sendiri.” Sambutan itu memberikan dorongan dan semangat kepada para mahasiswa agar lebih termotivasi untuk memperluas pengetahuan.

Kuliah umum dilanjutkan dengan sesi kuliah yang disampaikan oleh satu-satunya narasumber saat itu, Prof. Dr. Barbara Theilen-Willige. Prof. Barbara merupakan seorang peneliti dari Senior Experten Service (SES) di Jerman yang merupakan lembaga non-profit yang didirikan empat asosiasi perdagangan dan industri di Jerman. Beliau juga merupakan dosen yang berasal dari Institute of Applied Geosciences TU Berlin, Jerman. Dengan pengetahuan dan penelitiannya selama meneliti tentang kebencanaan di Indonesia, beliau memaparkan bahwa bahaya alam akan berdampak pada perencanaan suatu daerah. Melalui pengenalan identifikasi tentang bahaya alam secara terperinci, akan membantu dalam proses perencanaan. Prof. Barbara juga memberikan berbagai contoh singkat mengenai penggunaan open access data terkait dengan penginderaan jauh untuk mempelajari daerah terdampak gempa bumi, patahan, longsor, erosi tanah.

Sebagian besar mahasiswa merasa antusias dengan kuliah umum ini. Mereka berharap, akan ada kegiatan lanjutan yang menjelaskan tentang bagaimana alur atau prosedur pengenalan tanda bahaya alam yang harus dikenali sehingga proses perencanaan suatu daerah dapat tepat sasaran. “Kegiatan Kuliah Umum dengan dosen asing seperti ini, bagus dilakukan lebih sering lagi, agar kita juga terbuka wawasannya, ternyata negara kita juga dipelajari oleh negara lain lho…”, tukas salah satu peserta kuliah umum dari MPWK.

About farida farida

Baca Juga..

Dekan Apresiasi Para Juara PIMNAS

Membanggakan!!! Itulah satu kata yang disematkan untuk para jawara PIMNAS ke-32 kali ini. Melalui Pekan …

Teknik Geodesi Gandeng PT Asaba Wujudkan Surveillance Infrastruktur Bangunan Berbasis Teknologi 3D

Kuliah umum Teknik Geodesi dengan PT Asaba, 4 September 2019 Baru-baru ini Fakultas Teknik kembali …