Home / Kabar Fakultas / Konservasi Energi Goes to Campus

Konservasi Energi Goes to Campus

Direktorat Konservasi Energi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro menyelenggarakan acara seminar dan diskusi bertema “Konservasi Energi Goes to Campus. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi dan mendapatkan feedback dari civitas akademika kampus tentang konservasi dan penghematan energi. Tidak kurang dari 150 mahasiswa dan beberapa dosen Fakultas Teknik menjadi peserta pada acara yang digagas oleh Direktorat Konservasi Energi, Kementrian ESDM. Tidak tanggung-tanggung, pada seminar dan diskusi ini diterjunkan para pakar energi yaitu Gita Lestari, ST, M.BA dan Dr. Eri Djunaedy dari Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, ESDM, Aris Ika Nugrahanto, ST, MBA, CEM, CEAs (Project Manager UNIDO), Dr Widayat (Fakultas Teknik, UNDIP), serta perwakilan dari PT Phapros Indonesia.

Pembicara dari Kementrian ESDM menyajikan materi Program Kebijakan Konservasi Energi di Indonesia, serta Prinsip Konservasi dan Efisiensi Energi. Ada pun pembicara dari UNIDO dan UNDIP masing-masing menampilkan materi Manajemen Energi ISO 50001 serta Audit Energi, dan  Peran Pergurun Tinggi dalam Mendukung Program Konservasi Energi. Sedangkan dari PT Phapros Semarang, mempresentasikan Best Practice Konservasi Energi di Sektor Industri. Dalam sambutannya Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Teknik Prof Dr. M. Djaeni menyatakan pentingnya konservasi dan penghematan energi, serta kemajuan yang telah dicapai UNDIP dalam bidang energi. Kemajuan tersebut antara lain dibukanya Program S2 Energi (Sekolah Pasca Sarjana UNDIP), serta diadakannya konsentrasi bidang energi pada program S1 dan S2, Departemen Teknik Kimia, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro.  Disamping itu, beberapa produk riset dosen dan mahasiswa juga telah menghasilkan beberapa produk antara lain PLTS (Teknik Elektro), Biogas Digester dan Chemical Engineering Car (Teknik Kimia), serta Mobil Listrik dan Hemat BBM (Teknik Mesin).

About salsa

Baca Juga..

Komitmen Fakultas Teknik dengan ISO

Fakultas Teknik, Dalam rangka menjaga komitmen Perguruan Tinggi yang sudah bersertifikat ISO 9001-2015 Fakultas Teknik …

Fakultas Teknik UNDIP Gelar Pelatihan Asesor FAIP

Sebagai tindak lanjut kerjasama yang telah dibangun, Fakultas Teknik Undip dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) …