Home / Dies Natalis / Konferensi Internasional ICITACEE ke 5

Konferensi Internasional ICITACEE ke 5

-Press Release-
Kegiatan dalam Rangka Dies Natalis ke 60 Fakultas Teknik Undip

Departemen Teknik Elektro bekerja sama dengan Departemen Teknik Komputer mengadakan Konferensi Internasional ICITACEE ke-5 di Hotel Santika Premier, 26-28 September 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 35 Teknik Elektro sekaligus memperingati Dies Natalis ke-60 Fakultas Teknik Undip. Hadir sebagai pembicara utama Prof Fitri Yuli Zulkifli ST M.Sc. (UI), lalu Prof . Mauridhi Hery Purnomo, M.Eng. (ITS) dan Assoc.Prof.Dr. Razali Ngah (UTM Malaysia). Ketua panitia, Aghus Sofwan, Ph.D melaporkan bahwa kegiatan konferensi ini bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian para dosen, praktisi dan peneliti dari dalam negeri dan luar negeri. Panitia menerima 157 makalah hasil penelitian, namun hanya 74 yang memenuhi syarat untuk dapat dipublikasikan setelah melalui review yang ketat. Makalah yang dipublikasikan akan diunggah di IEEE Explorer dan diindeks SCOPUS.
Dekan Fakultas Teknik, Ir. M. Agung Wibowo, MM.M.Sc. Ph.D menyebutkan bahwa Fakultas Teknik Undip terus berupaya mendorong civitas akademika dalam melakukan inovasi dan penelitian, termasuk dalam penerapan teknologi hijau atau green technology. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia tanpa melakukan kerusakan lingkungan dan pengurangan sumber daya alam. Beberapa penelitian yang telah dihasilkan diantaranya teknologi membran untuk mengolah air sehingga layak minum dari Teknik Kimia, Teknologi bahan batu bata limbah kerang dari Teknik Arsitektur, Teknologi Tangan Bionic dari Teknik Mesin, Teknologi bahan isolator dengan memanfaatkan abu sekam padi dari Teknik Elektro dan masih banyak hasil penelitian lainnya.

Peresmian Pembangunan Rumah Layak Huni dan Terjangkau.
Hasil penelitian dosen Fakultas Teknik Undip tidak hanya dipublikasikan melalui jurnal dan kegiatan konferensi internasional, namun juga diimplementasikan untuk kesejahteraan rakyat. Dr-Ing. Asnawi dosen Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, berhasil mendesain dan merumuskan sebuah karya Rumah Murah Sederhana Layak Huni bagi masyarakat di Kendal. Hasil penelitian dan kajian tersebut, mendapat dukungan dari LPPM Undip, Mitra Bank BTN, Pemerintah Kendal dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Peletakan batu pertama pembangunan Perumahan dan Lingkungan Hunian yang layak dan Terjangkau dilakukan pada Kamis, 27 September 2018 berlokasi di Jalan Curug Sewu, Kendal. Acara tersebut dihadiri sejumlah pejabat penting diantaranya Rektor Undip beserta Dekan Fakultas Teknik dan Dekan Sekolah Vokasi, Bupati Kendal beserta Sekda, Dirut BTN dan Dirjen Perumahan Rakyat.

Dekan Fakultas Teknik, Ir. M. Agung Wibowo, MM., M.Sc., Ph.D mengapresiasi hasil riset dan kajian yang dilakukan oleh salah satu dosen di Fakultas Teknik sehingga bermanfaat bagi Masyarakat. Hal ini selaras dengan tema Dies Natalis ke 60 Fakultas Teknik yaitu Riset dan Teknologi untuk Kesejahteraan Rakyat.

Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si dalam sambutannya sangat berterima kasih atas hasil pemikiran Dosen Fakultas Teknik Undip tersebut, dan berharap pembangunan perumahan skema ABCG ( Academisi, Bussiness, Community, Goverment) menjadi Proyek Percontohan Nasional yang akan diikuti oleh pemerintah kabupaten dan kota seluruh Indonesia.
Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama, SH., M.Hum juga mengungkapkan rasa bangganya karena hasil riset dosen Undip bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Siapa yang berbuat satu kebaikan, seolah dia telah berbuat kebaikan yang sangat banyak, apalagi hasil riset pembangunan perumahan ini bisa untuk meningkatkan rasa nyaman dalam beribadah. Maka pahalanya akan terus mengalir.

About salsa

Baca Juga..

FT UNDIP TARGET BANYAK HKI ERA INDUSTRI 4.0

Fakultas Teknik – Dalam rangka menyambut era industri 4.0, FT Undip mengadakan workshop dengan mengangkat …

PSMFT SABET 3 MEDALI EMAS

Fakultas Teknik – Tim Panduan Suara Mahasiswa Fakultas Teknik (PSMFT) telah bertanding di ajang Kuala …