Home / Kabar Fakultas / Kerjasama dengan Korea

Kerjasama dengan Korea

 Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Kerjasama dengan College of Engineering Pukyong National University Korea (PKNU), Kyushu University Jepang dan Kyushu Institute Technology Jepang.

Pada tanggal 5 – 8 Mei 2009, Dekan, Pembantu Dekan I dan Pembantu Dekan IV Fakultas Teknik berkunjung ke PKNU Korea Selatan untuk signing MoA (Memorandum of Agreement) dan ke Kyushu University serta Kyushu Institute of Technology Jepang untuk berdiskusi mengenai kerjasama pendidikan dan kemungkinan untuk adanya penandatanganan MoA di waktu yang akan datang.

Adapun butir-butir kesepakatan penting yang perlu digarisbawahi dan bisa segera dilaksanakan dengan PKNU yaitu student exchange (joint) program khusus untuk mahasiswa wanita sebagai salah satu bentuk implementasi program Woman into Engineering. Program ini sudah dapat dimulai akhir September 2009. Mahasiswi semester 4 tinggal selama 2 minggu di Korea (PKNU) bersama mahasiswi PKNU untuk mengerjakan proyek bersama dan akan dipresentasikan. Pihak PKNU telah bersedia menanggung lodging dan accommodation selama 2 minggu tersebut. Pihak FT UNDIP mengusulkan supaya pihak Korea juga mempertimbangkan untuk dapat membantu biaya tiket pesawat. Hal ini akan dibicarakan lagi oleh pihak PKNU.

Sementara butir-butir penting kesepakatan dengan School of Engineering Kyushu University Jepang adalah kerjasama di bidang students and staffs exchange, twinning program, double degree, joint research, joint seminar dan publication.

Adapun butir-butir kesepakatan dengan Kyushu Institute of Technology  (KIT) Jepang adalah studi lanjut program S3 (full scholarship dan kuliah berbahasa Inggris), studi lanjut S2, penyelesaian Final Project baik S1 maupun S2 (by research) yang bisa dilaksanakan di KIT (supervisi oleh dosen KIT dan memanfaatkan lab/fasilitas yang ada di KIT) dan merupakan hasil diskusi yang dipandang bisa segera dilaksanakan, joint research (in advance) dan  twinning program.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami lampirkan Laporan Kunjungan Kerjasama Korea dan Jepang yang berisi mengenai detail butir-butir kesepakatan penting yang telah dicapai.

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

Dekan Apresiasi Para Juara PIMNAS

Membanggakan!!! Itulah satu kata yang disematkan untuk para jawara PIMNAS ke-32 kali ini. Melalui Pekan …

Magister Teknik PWK gelar Kuliah Umum bertemakan Natural Hazards

Baru-baru ini, Fakultas Teknik kembali menjadi tuan rumah atas penyeleggaraan kuliah umum bersama dosen asing. …

Leave a Reply