Home / Dies Natalis Undip / JUARA LOMBA DIPONEGORO ROBOTIC COMPETITION

JUARA LOMBA DIPONEGORO ROBOTIC COMPETITION

Dalam rangka Dies Natalis Undip ke-59, URDC (Undip Robotic Development Center) sebagai pusat kajian robotika Undip memberikan workshop robotika gratis bagi siswa-siswi SMA/K dan SMP ke kotamadya Semarang dan lomba robot Diponegoro Robotic Competition (DRC) tingkat SMA/K dan SMP se-Jateng. Pelaksanaan workshop dilaksanakan setiap hari Sabtu di bulan Oktober 2016 (lima kali) jam 09.00-15.00 WIB di gedung URDC Tembalang, Semarang. Materi workshop meliputi sistem mekanik dan elektrik, yang disampaikan melalui teori dan praktek yang dipandu oleh tim URDC yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Sistem Komputer.
roboticWorkshop robotika gratis ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial URDC dalam menyebarluaskan ilmu ke masyarakat. URDC tidak hanya berkecimpung dalam penelitian tentang robot saja, tetapi juga memiliki tanggung jawab menyebarluaskan hasil penelitian agar berguna bagi masyarakat, khususnya robot-robot yang ready to use. Kegiatan ini sangat didukung oleh pihak Dekan Fakulas Teknik. Dekan Fakultas Teknik, Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, Ph.D sangat mensuport dan mendukung kegiatan ini karena selama ini pusat kajian robotika Undip URDC telah berhasil membantu masyarkat menciptakan robot seperti robot pembersih kaca, robot tangan bionic, dan robot-robot lainnya.
robotic2Sedangkan lomba DRC dilaksanakan hari Minggu tanggal 06 November 2016. Lomba terdiri dari dua kategori yaitu wind follower untuk tingkat SMA/K dan light follower untuk tingkat SMP. Peserta dari SMA/K serta SMP dari dalam kota Semarang dan luar kota Semarang. Berikut ini hasil juara kategori wind follower : Juara 1 Tim Atom (SMK Negeri 7 Semarang), Juara 2 Tim Fanatik (SMA Negeri 2 Pati), Juara 3 Tim I Robo (SMK Negeri 7 Semarang). Adapun juara kategori light follower diborong oleh SMP Al Irsyad Purwokerto : Juara 1 Tim Kalor A16, Juara 2 Tim Kalor B16, dan Juara 3 Tim Kalor D16. (Mnd)

About Desy -

Baca Juga..

UNDIP PERINGKAT KETIGA PIMNAS KE-32

Universitas Diponegoro berhasil mengumpulkan 2 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu dalam presentasi Karya …

TIM BERHASIL JUARAI UTU AWARDS

Fakultas Teknik – Lomba Riset Unggulan Berbasis Kewirausahaan dalam rangkaian acara 4th UTU Awards 2018 …