Home / AKADEMIK / JEBOLAN FT CIPTAKAN ROBOT YANG WAKILI WISUDAWAN SAAT PANDEMI

JEBOLAN FT CIPTAKAN ROBOT YANG WAKILI WISUDAWAN SAAT PANDEMI

Rofiq Cahyo Prayogo, S.T., merupakan salah satu sosok dibalik suksesnya penyelenggaraan wisuda ke 159 di Universitas Diponegoro. Ya, upacara wisuda digelar secara daring mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi covid-19.

Berawal dari kegelisahan Rektor UNDIP terkait dengan apresiasi kepada para wisudawan di tengah pandemi, Rektor kemudian menunjuk Center for Bio Mechanics, Bio Material, Bio Mechatronics and Bio Signal Processing (CBIOM3S) Undip yang diketuai Dr. Rifky Ismail untuk membuat robot yang bisa mewakili wisudawan.

Bersama tim pengembangan robot CBIOM3S, Rofiq Cahyo Prayoga (Cahyo) ditunjuk sebagai perancang robot. Cahyo pernah menjadi ketua Undip Robotics Development Center (URDC) pada tahun 2017-2018. Berbekal pengalamannya dalam dunia robotika, Cahyo yang telah dikenal sebagai alumni Teknik Elektro UNDIP ini, merancang robot yang menyerupai manusia yang dapat menangkap sensor dari lawan bicaranya.

dekan FT mendampingi rektor bersalaman dengan robot wisuda pada wisuda ke 159 lalu

Dia menjelaskan robot dilengkapi dengan fitur untuk berkomunikasi melalui layar tablet yang disematkan pada wajah robot. “Fiturnya dirancang bisa seperti orang wisuda, tangannya bisa bersalaman dengan Pak Rektor, kemudian satu tangannya lagi dapat menerima ijazah,” jelasnya. Selain itu, kata dia, komunikasi bisa dilakukan melalui aplikasi video call sehingga wisudawan yang berada di rumah masing-masing dapat berkomunikasi dua arah dengan rektor pada saat penyerahan ijazah.

Prosesi wisuda bisa disaksikan langsung oleh wisudawan dan keluarga melalui channel YouTube Undip TV. Wisuda ini merupakan wisuda daring kedua yang dilaksanakan Undip digelar Senin sampai Kamis, 27 sampai 30 Juli 2020 mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Saat ini Cahyo tengah menempuh pendidikan S2 Teknik Elektro di UNDIP dan hal ini memotivasi kepada rekan-rekan maupun adik-adik kelasnya untuk terus berkarya dan berinovasi meski di tengah pandemi. Gimana…..keren kan mas Cahyo? Iya donk….karena mas Cahyo anak Teknik UNDIP.

Teknik….JAYA!!!

About farida farida

Baca Juga..

RISET DOSEN DENGAN DANA HIBAH FT TEMBUS JURNAL BEREPUTASI TINGGI

Penelitian yang didanai Fakultas Teknik pada tahun 2019 tentang pemanfaatan citra satelit sentinel 2-A untuk …

PENGUMUMAN KEPADA CAMABA UM 2 UNDIP

Berdasarkan hasil seleksi UM 2 Universitas Diponegoro, perlu disampaikan beberapa hal/ pengumuman sebagai terlampir berikut. …