feed-image English
Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Undip TA 2012/2013 PDF Cetak Email
Ditulis oleh Indah   
Jumat, 27 Januari 2012 12:05

Semarang, undip.ac.id, Universitas Diponegoro kembali akan membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2012/13. Seleksi calon mahasiswa baru akan dilaksanakan dengan beberapa jalur. Jalur Penerimaan yang sudah dibuka saat ini adalah PSSB D3. Berikut kami sampaikan informasi keseluruhan jadwal penerimaan mahasiswa Baru Undip TA 2012/2013. 

 
Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro TA 2012/13 didasarkan Peraturan Pemerintah no. 66 tahun 2010 dan Peraturan Mendiknas no. 34 tahun 2010 tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada perguruan tinggi. Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru program S1 Undip tahun 2012 akan diatur melalui seleksi secara nasional dan seleksi secara lokal / mandiri.
 

Jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas Diponegoro program Strata 1 (S1) untuk tahun 2012 adalah sebagai berikut:

a. Seleksi Secara Lokal / Mandiri

  1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Strata 1Pendaftarannya akan dibuka secara online tanggal 10 Mei - 20 Juni 2012Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) S1 memiliki 3 pilihan penggalian potensi yaitu: 1) PSSB Potensi Kemitraan 2) PSSB Potensi Olahraga dan Seni 3) PSSB Potensi Olimpiade SainsPSSB Kemitraanadalah program seleksi calon mahasiswa baru yang dilaksanakan mendasarkan minat, potensi akademik, dan potensi kerjasama untuk pengembangan UNDIP dalam bentuk partisipasi sumbangan. Minat dan potensi akademik dari calon mahasiswa dalam seleksi PSSB-Kemitraan ini dilihat dari reputasi akademik calon mahasiswa selama menempuh pendidikan di SMA yang ditunjukkan oleh nilai rapor dan penghargaan lain yang diperoleh karena capaian prestasi tertentu. Minat calon mahasiswa untuk memasuki salah satu program studi tertentu di UNDIP juga akan dipertimbangkan dengan daya tampung dan tingkat persaingan diantara pelamar. Pertimbangan potensi kerjasama  terutama akan difokuskan pada kesediaan lembaga donor/sponsor atau orang tua calon mahasiswa dalam berpartisipasi untuk memberikan  sumbangan pengembangan bagi UNDIP.  Dengan demikian, PSSB KEMITRAAN  ini merupakan proses seleksi mahasiswa baru yang mendasarkan pada 2 aspek, yaitu aspek potensi akademik dan minat calon mahasiswa, dan aspek partisipasi dalam pengembangan universitas. PSSB Potensi Olahraga dan Seni menggali potensi untuk siswa sma berprestasi dalam olahraga dan seni minimal tingkat propinsi. PSSB Olimpiade Sains adalah untuk menggali partisipasi siswa berprestasi dalam olimpiade sains tingkat nasional.
  2. Jalur UM (Ujian Mandiri) adalah jalur seleksi mandiri melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1 di undip. Pendaftaran akan dilakukan secara online akan dimulai tanggal 10 Mei - 2 Juli 2012. Informasi pendaftaran bisa diakses menjelang pendaftaran di : http://um.undip.ac.id

b.  Seleksi Nasional

  1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Jalur Undangan Berdasarkan Penjaringan Prestasi Akademik. Pendaftaran mulai dibuka tanggal 1 Febuari - 8 Maret 2012. Pendaftaran dan informasi bisa diakses di web : www.snmptn.ac.id
  2. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) jalur ujian tertulis dan / atau keterampilan. Pendaftaran mulai dibuka tanggal 10 - 31 Mei 2012. Pendaftaran dan informasi bisa diakses www.snmptn.ac.id.
  3. Jalur Beasiswa Bidik Misi. Penjelasan mekanisme pendaftaran secara lengkap bisa di akses di http://bidikmisi.dikti.go.id/portal. Tahun 2012 Undip memiliki kuota 500 orang mahasiswa yang akan menerima beasiswa Bidik Misi
Untuk seleksi masuk ke program Diploma III Undip tahun 2012 semuanya dilakukan secara lokal / mandiri dengan melalui jalur-jalur seleksi sebagai berikut:
  1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Akademik untuk program Diploma III. Seleksi ini telah dibuka mulai 2 Januari 2012 sampai dengan 29 Februari 2012 secara online. Keterangan lengkap bisa dibaca di menu PSSB D3 di web site ini.
  2. Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma III) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk masuk ke program diploma III Undip. Pendaftaran akan dibuka 10 Mei - 23 Juli 2012. Pendaftaran akan dilakukan secara online di web site :http://um.undip.ac.id
 
Tautan : 
Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Undip TA 2012/2013
LAST_UPDATED2
 

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Alamat: Gedung Dekanat Fakultas Teknik. Jl. Prof. H. Soedharto,SH, Tembalang - Semarang, Indonesia 50275
Tlp. (024)7460055,(024) 7460053 , Fax:(024)7460055. E-mail