Home / Kabar Fakultas / How to be a Great Graduate ??

How to be a Great Graduate ??

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro menyelenggarakan seminar pelatihan softskill dalam menghadapi dunia kerja pada tanggal 19 April 2017. Dengan mengundang 3 narasumber dari Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, perwakilan dari Undip Career Center (UCC) dan alumni sukses dari Teknik Industri yang merupakan HRD PT. Denso Indonesia, acara yang berlangsung di ruang sidang lantai 3 Dekanat Fakultas Teknik dihadiri oleh para calon wisudawan wisudawati Fakultas Teknik. Dian Ratna Sawitri, narasumber dari Fakultas Psikologi Undip menjelaskan tentang kiat-kiat proses pelamaran kerja di perusahaan seperti kunci untuk melalui proses psikotes dan wawancara yang biasanya menjadi momok bagi para pelamar kerja.

Begitu pula dengan perwakilan dari UCC. Nurul yang merupakan seorang event manager UCC menjelaskan tentang 10 hal yang perlu disiapkan oleh para calon pelamar kerja atau fresh graduate agar lebih siap dalam melamar sebuah pekerjaan. Seperti mempelajari company profile perusahaan yang ingin dilamar, persiapan CV, berkas-berkas, sertifikasi profesi, dll. Dalam kesempatan kali ini, Nurul juga menjelaskan tentang UCC yang saat ini sudah mampu diakses oleh alumni maupun mahasiswa aktif. Yang mana UCC ini nantinya diharapkan akan menjadi jembatan bagi mahasiswa lulusan UNDIP maupun mahasiswa aktif UNDIP agar lebih siap dalam menghadapi dunia kerja. UCC sendiri menyediakan berbagai macam fasilitas maupun eventevent yang menggandeng perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia yang dapat menunjang kesiapan mahasiswa UNDIP agar sukses dalam mendapat pekerjaan yang diinginkan.

baSeperti halnya Riza Gamma salah satu alumni sukses dari jurusan Teknik Industri angkatan 2007 yang merupakan HRD dari PT. Denso Indonesia yang diundang menjadi salah satu narasumber acara pembekalan softskill kemarin menjelaskan tentang “How to Great Graduate and be the Most Wanted Graduate“. Riza memberikan konsep bagaimana seharusnya para pelamar kerja menjadi ‘orang yang dicari perusahaan’ bukan menjadi pelamar biasa yang hanya mengandalkan nilai akademik mereka, bagaimana konsep kompetensi yaitu skill, knowledge and behaviour disini menjadi kunci utama para pelamar kerja untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang diinginkan.

Good Academics + Experience of Organizations = Great Graduate (The most wanted Graduate)

Rate this post

About salsa

Baca Juga..

FT BERKIPRAH DI KANCAH ASIA TENGGARA

Fakultas Teknik, pada tahun ini ada 9 tim yang mengikuti GENC (Geoscience Exhibition and Competition) …

Pemerintah Kota Semarang bekerjasama dengan Pusat Studi Pengembangan Wilayah dan Manajemen Lingkungan – UNDIP Menghadiri 100 Resilient CIty Global Summit 2017 di New York

Kota Semarang telah menjadi bagian dari jejaring 100 Resilient Cities yang dipelopori oleh Rockefeller Foundation …