Home / Kabar Fakultas / “FIELDTRIP NASIONAL MENUJU DELTA MAHAKAM KALIMANTAN TIMUR” AAPG-UNDIP SC BEKERJASAMA DENGAN GDA & TOTAL E&P INDONESIE

“FIELDTRIP NASIONAL MENUJU DELTA MAHAKAM KALIMANTAN TIMUR” AAPG-UNDIP SC BEKERJASAMA DENGAN GDA & TOTAL E&P INDONESIE

       
President of American Association Petroleum Geologist University of Diponegoro Student Chapter

ft.undip.ac.id, Senin, 25 Juli 2011- Fieldtrip Nasional Menuju Delta Mahakam Kalimantan Timur merupakan agenda nasional yang diadakan setiap tahunnya oleh AAPG SC INDONESIA dan didukung oleh GDA CONSULTING sebagai mentor filedtrip yang dibawakan oleh DR.Ir.Andang Bachtiar,M.Sc selama 5 hari pada 21-25 Juli 2011. Pada tahun sebelumnya 2010 kegiatan ini diadakan oleh Institut Teknologi Bandung yang bekerja sama dengan AAPG SC (AAPG ITB SC) dan pada tahun ini di 2011 Universitas Diponegoro mendapatkan kesempatan emas untuk dapat melaksanakannya sebagai penyelenggara yang bekerjasama dengan American Association of Petroleum Geologists Student Chapter (AAPG UNDIP SC). Acara ini mendapatkan sponsor utama sebagai bentuk kerjasama CSR  perusahaan minyak dan gas bumi terbesar yang berada di Kalimantan Timur milik Perancis yaitu TOTAL E&P INDONESIE dalam mengembangkan pengetahuan dibidang perminyakan.
Fieldtrip ini merupakan acara kunjungan lapangan dan belajar mengenai kondisi langsung dialam. Lapangan yang dikunjungi adalah Delta Mahakam Kalimantan Timur, yang dimana daerah tersebut merupakan salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan potensi minyak dan gas bumi. Salah satu contohnya adalah lapangan minyak Tunu, Paciko, Bekapai, Sisi Nubi, Handil dan Tambora milik Total E&P Indonesie. Selain itu masih banyak lagi lapangan minyak dan gas bumi didaerah tersebut. Maka dari itu AAPG SC dan GDA yang di sponsori oleh Total E&P Indonesie mengadakan studi lapangan setiap tahunnya sebagai agenda nasional di daerah tersebut kepada mahasiswa yang studi dibidang minyak dan gas bumi di Indonesia.
Acara ini diadakan selama 5 hari dari tanggal 21-25 Juli 2011. Pada hari pertama setelah tiba di Balikpapan kami disambut ramah oleh perusahaan Total E&P Indonesie dan diajak untuk mengunjungi kantor Total E&P Indonesie. Acara hari pertama adalah pembukaan dan ramahtamah dari manajemen serta geoscientist Total E&P Indonesie. Acara ini disambut langsung oleh Vice President Geoscientist and Reservoir Total E&P Indonesie yaitu Mr. Aussie B. Gautama di ruang pertemuan tersebut. Mr Aussie B. Gautama memberikan sambutan ramahtamah dan penjelasan mengenai safety condition selama di lingkungan Total E&P Indonesie. Hal ini menandakan bahwasannya keselamatan dan keamanan sangat penting sekali diterapkan selama berada dilingkungan Total E&P Indonesie.
Pada hari kedua kami diajak untuk mengunjungi laboratorium dan tempat penyimpanan data Core Minyak dan Gas Bumi milik Total E&P Indonesie, yaitu di Coreshed Pancoran. Disitu Mr. Irfan Cibaj yang berasal dari Albania sebagai ahli eksplorasi di Total E&P Indonesie memberikan penjelasan detail mengenai data core yang menjelaskan data bawah permukaan dari masing-masing lapangan minyak miliki Total E&P Indonesie, yaitu data core lapangan Tunu, Paciko, Bekapai, Handil dan Tambora.
Pada hari ketiga dan keempat adalah acara inti fieldtrip mengenai studi kunungan ke lapangan. Kami dipandu oleh pementor professional Mr Andang Bachtiar dari Geologist Delta Andalan (GDA) dan Mr.Edy Kurniawan Senior Geologist Eksplorationist Total E&P Indonesie. Pada hari ketiga Seluruh 18 peserta pada hari ketiga dibawa dengan menggunakan kapal boat dari Total E&P Indonesie dengan segala persiapan safety briefing sebelumnya menuju delta mahakam dari sungai maryam sebagai daerah awal delta sampai bagian depan delta menuju laut lepas yang berbatasan dengan selat makasar. Dan dihari ke empat kami diajak untuk studi mengenai kondisi delta purba yang saat ini sudah menjadi daratan, hal tersebut diketahui dari bentuk pengendapannya. Dari pengalaman hari ketiga dan keempat tersebut kami mengetahui dan memahami mengapa daerah Kalimantan daerah timur memiliki potensi alam selain di minyak dan gas bumi juga memiliki kandungan potensi batubara yang melimpah.
Pada hari kelima adalah acara akhir sebagai acara penutup dari kegiatan selama di Kalimantan Timur bersama Total E&P Indonesie. Acara terakhir berupa acara share dan closing ceremony antara pihak manajemen Total E&P Indonesie dan AAPG UNDIP SC. Peserta memberikan beberapa kesimpulan kegiatan dan share yang dipimpin oleh Mr. Irfan Cibaj dan Mr. Edy Kurniawan dilakukan guna membahas mengenai pertanyaan dan ilmu yang telah tersampaikan selama fieldtrip di mahakam. Acara closing ceremony dilakukan dengan Talkeon Lunch di Balikpapan dan foto bersama antara AAPG UNDIP SC dan Total E&P Indonesie.
Menurut Gesang selaku ketua tim pelaksana dalam acara ini dalam sambutan penutupannya, acara ini sangat bermanfaat dan luarbiasa sekali karena tidak semua mahasiswa bisa mendapatkan kesempatan emas seperti mahasiswa Undip pada tahun ini. Terimakasih terhadap Total E&P Indonesie dan GDA karena telah membantu dalam mengembangkan pengetahuan mahasiswa dibidang minyak dan gas bumi khususnya di daerah Delta Mahakam Kalimantan Timur.  

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

KASUBBAG AKADEMIK FT SABET JUARA 3 DIKTENDIK BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL

TEKNIK BANGGA!!! Itulah kata yang patut disematkan kepada Ibu Fitriana Iftatika, Kasubbag Akademik Fakultas Teknik. …

PELATIHAN SOFT SKILL CALON WISUDAWAN FT

Siapa bilang kalau kuliah sudah selesai lalu dibiarkan begitu saja?? Di Fakultas Teknik, tidak seperti …

Leave a Reply