Home / Fasilitas / Perpustakaan

Perpustakaan

GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

(website Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (http://lib.ft.undip.ac.id)

A.  Sejarah Singkat Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Bermula dari berdirinya Fakultas Teknik yang sebelumnya diberi nama Akademi Teknik di Universitas Semarang yang sudah berdiri sejak tanggal 9 Januari 1957.  Pada saat perayaan Dies Natalis ketiga tanggal 09   Januari 1960. Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro.  Pada tanggal 15 Oktober 1960 Akademi Teknik diganti menjadi Fakultas teknik dengan Dekan pertama Prof. Ir. Soemarman.  Seiring dengan berdirinya Fakultas Teknik , perpustaaan di fakultas juga didirikan sebagai pelengkap dan penunjang pendidikan yang tinggi, di jurusan masing-masing dibuka pula perpustakaan sebagai pelengkap pendidikan.
B.  Visi dan Misi Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
a. Visi
Melayani kebutuhan informasi mahasiswa untuk menuju mahasiswa yang berguna bagi nusa dan bangsa.
b. Misi
1. Mencerdaskan mahasiswa;
2. Menjadikan mahasiswa yang mandiri;
3. Menjadikan mahasiswa yang kreatif.

C.  Struktur Organisasi Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Tugas jabatan struktur organisasi mikro Perpustakaan Fakultas Teknik berdasarkan keputusan Dekan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro adalah sebagai berikut:
1. Koordinator
Bertanggung jawab kepada Dekan melalui pembantu dekan I bidang akademis.  Secara administratif perpustakaan bersama bagian tata usaha mempunyai tugas melaksanakan urusan tata usaha mempunyai    tugas melaksanakan urusan tata usaha dan rumah tangga Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang.
2. Bagian pengolahan
Bertugas dalam pengolahan koleksi bahan pustaka, dan penjajaran
3. Bagian sirkulasi/peminjaman
Bertugas melayani pengguna perpustakaan dalam peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan koleksi bahan pustaka.
4. Bagian refernsi/baca di tempat.
Petugas bagian referensi bertugas untuk melayani pemustaka dalam membaca koleksi bahan pustaka di tempat (di dalam layanan referensi).

 D.  Layanan Perpustakaan

a. Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro menggunakan sistem layanan terbuka (open access).  Keuntungan dari sistem layanan terbuka adalah para pemakai bebas memilih bahan pustaka yang dikehendaki sesuai dengan kebutuhannya. Layanan yang diberikan kepada pengunjung perpustakaan meliputi  layanan sirkulasi dan layanan referensi.
b. Pelayanan perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang dilakukan pada jam layanan:
Senin – Kamis :  08.30 WIB – 15.30 WIB
Istirahat :  12.00 WIB – 13.00 WIB
Jumat :  08.30 WIB – 14.00 WIB
Istirahat :  11.00 WIB – 13.30 WIB
c. Pendaftaran Anggota
1.  Mahasiswa calon anggota sudah/ masih berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
2.  Menunjukan kartu mahasiswa/ KRS yang masih berlaku.
3.  Menyerahkan pas poto terbaru dengan ukuran 3×3 cm sebanyak 2 lembar.
4.  Biaya pendaftaran Rp. 10.000,- (Sepuluh ribu rupiah)
5.  Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.
6.  Sanggup mentaati peraturan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

E.  Perpustakaan Digital

Penerapan Teknologi Informasi (TI) saat ini telah menyebar hampir di semua bidang tidak terkecuali di perpustakaan. Perpustakaan sebagai institusi pengelola informasi merupakan salah satu bidang penerapan teknologi informasi yang berkembang dengan pesat. Perkembangan dari penerapan teknologi informasi bisa kita lihat dari perkembangan jenis perpustakaan yang selalu berkaitan dengan dengan teknologi informasi, diawali dari perpustakaan manual, perpustakaan terautomasi, perpustakaan digital atau cyber library.

Demikian juga Perpustakaan Fakultas Teknik Undip juga telah menerapkan Sistem Informasi Perpustakaan sejak tahun 2005 yang lalu. Diharapkan dengan adanya Sistem Informasi Perpustakaan ini  dapat mempermudah mahasiswa memperoleh informasi tentang perpustakaan Faskultas. Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi tesebut melalui perangkat digital. Layanan ini diharapkan dapat mempermudah pencarian informasi di dalam koleksi obyek informasi seperti dokumen, gambar dan database dalam format digital dengan cepat, tepat, dan akurat.

Leave a Reply