Home / Kabar Fakultas / FAKULTAS TEKNIK JAJAKI KERJASAMA DENGAN NANO CENTER

FAKULTAS TEKNIK JAJAKI KERJASAMA DENGAN NANO CENTER

Pernah dengar Nano teknologi? Nanoteknologi adalah manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular. Diameter atom berkisar antara 62 pikometer (atom Helium) sampai 520 pikometer (atom Cesium), sedangkan kombinasi dari beberapa atom membentuk molekul dengan kisaran ukuran nano. Deskripsi awal dari nanoteknologi mengacu pada tujuan penggunaan teknologi untuk memanipulasi atom dan molekul untuk membuat produk berskala makro (wikipedia.com). Secara umum, nano teknologi digambarkan sebagai manipulasi materi dengan ukuran maksimum 100 nanometer. Nano teknologi dikembangkan di berbagai sektor, seperti sektor kesehatan, pangan, kimia, mesin, industri untuk menghasilkan teknologi yang lebih ramah lingkungan dan efisien.

Baru-baru ini, alumni Departemen Teknik Kimia, Suryandaru yang merupakan salah satu founder dari Nano Center mengunjungi Fakultas Teknik untuk berbagi pengalaman dengan para pimpinan. Ditemui oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof Agung didampingi oleh Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan serta Wakil Dekan Sumberdaya, Suryandaru membagikan informasi tentang teknologi nano yang sangat bermanfaat di masa sekarang ini.

Suryandaru menyebutkan nano teknologi adalah teknologi termutakhir saat ini yang mampu merekayasa partikel menjadi material. Dengan teknologi ini nantinya bisa merancang material baru yang memiliki fungsi yang diinginkan serta memiliki keunggulan. Suryandaru mengatakan bahwa jika suatu material dibuat dalam ukuran nano, maka akan memungkinkan untuk terciptanya material dengan sifat-sifat baru yang luar biasa, misalnya, ilmuwan berhasil membuat material yang disebut graphene yang memiliki kekuatan ratusan kali dibanding baja namun lebih ringan.

Kedepannya, Fakultas Teknik akan menyusun MoU dan Perjanjian Kerjasama dengan Nano Center untuk dapat bekerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian. Dalam bidang pendidikan, diharapkan para mahasiswa yang sedang mengambil tema tugas akhir berhubungan dengan nano teknologi dapat diarahkan untuk magang di nano center dan rekanannya. Sedangkan dalam bidang penelitian dan pengabdian, diarahkan untuk dapat mengabil tema dan mengembangkan beberapa riset yang berkaitan dengan nano teknologi. Dengan demikian, diharapkan pengembangan nano teknologi dapat lebih digalakkan lagi khususnya di lingkungan Fakultas Teknik.

About farida farida

Baca Juga..

PELATIHAN SOFT SKILL CALON WISUDAWAN FT

Siapa bilang kalau kuliah sudah selesai lalu dibiarkan begitu saja?? Di Fakultas Teknik, tidak seperti …

Selamat kepada Dekan Fakultas Teknik atas Pengukuhan Guru Besar

Selamat kepada Dekan Fakutas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD yang telah …