Home / Kabar Fakultas / Fakultas Teknik dirikan Sitting Ground tenaga surya 1000 watt

Fakultas Teknik dirikan Sitting Ground tenaga surya 1000 watt

                                
Semarang,ft.undip.ac.id- Fakultas teknik mendirikan Sitting Ground dengan Fasilitas PV Panel 1000W Energi Surya di depan gedung A jurusan teknik elektro undip tembalang. Pembangunan Sitting Ground dengan Fasilitas PhotoVoltaic Panel 1000W di Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro. Model aplikasi energi alternatif ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran dan implementasi penggunaan energi alternatif yang dapat dikembangkan di masyarakat. 

Sitting Ground dengan Fasilitas PhotoVoltaic Panel 1000 W di Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro adalah suatu bangunan sitting ground sebagai tempat sosialisasi mahasiswa, diskusi di luar kelas, sarana browsing melalui layanan Wi-Fi, dan berbagai aktifitas lainnya. Bangunan sitting ground ini merupakan bangunan terbuka yang dilengkapi fasilitas tempat duduk, sumber listrik, dan Wi-Fi.

Dengan adanya model aplikasi pemanfaatan energi alternatif berupa Sitting Ground dengan Fasilitas  PhotoVoltaic Panel 1000 W di Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro ini, diharapkan akan menjadi model acuan dalam pengembangan energi alternatif ke tingkat selanjutnya. Nantinya, diharapkan terjadi peralihan dan pengaturan penggunaan energi tak terbarukan menjadi energi alternatif yang terbarukan seperti sinar matahari. Melalui model pembangunan ini, kita akan lebih mengenal penggunaan dan mekanisme pengelolaan energi alternatif khususnya energi surya.

Dekan Fakultas teknik Undip Ir. Hj. Eko Sri wahyuni,MS meresmikan Sitting Ground yang dilengkapi instalasi tenaga surya berdaya 1000 watt kamis (15/10) siang di pelataran fakultas teknik elektro, dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang membantu pendanaan dalam project ini dan ikut membantu dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa, ini adalah fasilitas solar system pertama di kampus yang akan digunakan mahasiswa untuk memaksimalkan penggunaan internet di kampus.

Ini adalah fasilitas tenaga surya yang pertama di lingkungan universitas diponegoro, kedepan fasilitas ini dapat dipergunakan oleh mahasiswa untuk memaksimalkan penggunaan internet dalam proses pembelajaran imbuh Eko.

Dalam kesempatan itu pula ketua Casindo Project (CApacity development and strengthening for energy policy formulation and implementation of Sustainable energy project in INDOnesia) Dr. Joko Windarto juga memberikan informasi selain setting ground yang dilengkapi instalasi solar sell 1000 watt dengan internet & Voip. Melalui Teknologi Voip ini mahasiswa dapat melakukan panggilan kepada semua nomor voip Undip.

Sedangkan dari technical university of eindhoven the netherland Mr. Lex Leman mengatakan bahwa dengan semakin majunya teknologi komunikasi yang berkembang di dunia global maka kita harus dapat mengikuti perkembangan teknologi informaasi terkini, diharapakan dengan adanya kerjasama ini dapat lebih memajukan IPTEK di kedua negara.

Sementara dari General manager Telkomsel Andi Kristianto mengatakan bahwa dengan adanya fasiltas setting ground ini para mahasiswa dapat memaksimalkannya dengan baik, sehingga dapat menunjang dalam proses belajar-mengajar di kampus. Semoga ini juga bisa menjadi project percontohan di kampus-kampus lain

Selain peresmian sitting ground pada kesempatan tersebut juga dilakukan demo biogas mobile equipment untuk jurusan teknik kimia dan energy efisiency equipment untuk jurusan teknik mesin

About Fakultas Teknik

Baca Juga..

KASUBBAG AKADEMIK FT SABET JUARA 3 DIKTENDIK BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL

TEKNIK BANGGA!!! Itulah kata yang patut disematkan kepada Ibu Fitriana Iftatika, Kasubbag Akademik Fakultas Teknik. …

PELATIHAN SOFT SKILL CALON WISUDAWAN FT

Siapa bilang kalau kuliah sudah selesai lalu dibiarkan begitu saja?? Di Fakultas Teknik, tidak seperti …

Leave a Reply