(21/2) Fakultas Teknik Universitas Diponegoro kali ini jajaki potensi kerjasama dengan perusahaan otomotif raksasa yaitu PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMIIN). Pertemuan antara pimpinan Fakultas dan TMMIN diadakan Senin sore melalui aplikasi MS-Teams. Fakultas diwakili oleh Dekan FT Prof. Ir. Moch. Agung Wibowo, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. nat. tech. Siswo Sumardiono, MT, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Dr. Abdul Syakur, ST., MT. dan Koordinator Program Kerjasama FT Dr. Gunawan Dwi Hariyadi, MT. Sedangkan pihak TMMIN diwakili oleh Bp. Syaefudin Juhri (EAD), Bp. F. Sales S (PED), dan Bp Nur Hana Wijaya (EAD).

Adanya pertemuan ini dilatarbelakangi oleh rencana pembangunan Integrated Laboratory FT sebagai fasilitas penunjang kegiatan perkuliahan dan penelitian. Dalam hal ini Fakultas mengharapkan peran dari industri otomotif untuk ikut berkontribusi dalam memajukan Pendidikan di Indonesia. Selain itu, adanya Integrated Lab FT ini dimasa yang akan datang akan mampu meningkatkan skill dan kompetensi mahasiswa. Konsep Integrated Lab FT direncanakan mengedepankan aspek K3 (ISO:45001) dengan peralatan yang cukup memadai sehingga dapat dimanfaatkan oleh berbagai macam departemen seperti Departemen Teknik Mesin, Departemen Teknik Elektro, Departemen Teknik Perkapalan, Departemen Teknik Industri, dan Departemen Teknik Kimia.

Disisi lain, FT dan TMIIN juga mengharapakan fasilitas ini nantinya juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat untuk mengembangkan UMKM di Indonesia terutama di Jawa Tengah. Pada akhir acara, kedua belah pihak sepakat untuk terus mengawal kerjasama ini sehingga dapat berjalan sesuai rencana. (Mardian)