Home / Kabar Fakultas / CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro , Selama dua (2) hari dari tanggal 5-6 Agustus 2016 Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (FT Undip)  menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kurikulum yang diikuti oleh para Ketua dan Sekretaris Departemen/ Program Studi di lingkungan FT Undip. Tujuan diselenggarakannya workshop ini agar pembelajaran yang diselenggarakan pada program studi di lingkungan FT Undip menacapai suatu mutu sesuai dengan kreteria yang ditetapkan dalam  standar nasional pendidikan.
Dalam sambutan pembukaan, Dekan FT Undip Ir.M.Agung Wibowo, MM.,M.Sc.,Ph.D mengharapkan agara dengan workshop ini penyelenggaraan pembelajaran pada program studi dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pasar maupun kebutuhan para alumni. Dengan kata lain para anak didik / alumni setalah selesai menjalani proses pembelajaran di FT Undip memiiki keahlian tertentu yang terukur.
Indonesian Accreditation Board for Engineering for Engineering for Engineering Education (Dr. Ir. Hadiyanto, MT) menjelaskan tentang bagaimana agar jurusan mendapatkan akreditasi bagi secara nasional maupun internasional.
Dr.Ir. Endrotomo, MT dosen Institut Teknologi Surabaya (ITS) yang merupakan  salah satu nara sumber pada workshop ini menyampaikan  materi tentang Penyusunan Kurikworkshop1upulum Pendidkkan Tinggi 2014. Pada penyampaian materi tersebut memberikan wawasan  mekanisme penyusunan kurikulum pada program studi agar lulusan dari program studi sesuai yang ditetapkan.Disamping itu juga disampaikan tentang kisi-kisi mutu lulusan program studi menurut konsep KKNI dan SN Dikti serta pentingnya program studi memiliki akreditasi dari lembaga tertentu.
Selanjutnya Setia Budi Sasongko, Ph.D dari Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Undip  memberikan materi tentang Penyusunan Perencanaan Proses Pembelajaran yang mengacu pada Undang-undang No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Permenristekdikti no. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan.
workshop3upIr. Hadjar Seti Adji, M.Eng.Sc. yang merupakan penasehat di Teknik Sipil ITB menyampaikan materi yang berjudul Evaluasi Kinerja Kompetensi Sarjana FT Undip , memberikan gambaran tentang kelulusan dari Fakultas Teknik dilihat dari kacamata Industri. Beliau yang juga lulusan Teknik Undip ini menyarankan agar pada saat penyusunan kurikulum  melibatkan unsur industri karena pada akhirnya lulusan lebih banyak dipakai oleh industri.

About Desy -

Baca Juga..

KASUBBAG AKADEMIK FT SABET JUARA 3 DIKTENDIK BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL

TEKNIK BANGGA!!! Itulah kata yang patut disematkan kepada Ibu Fitriana Iftatika, Kasubbag Akademik Fakultas Teknik. …

PELATIHAN SOFT SKILL CALON WISUDAWAN FT

Siapa bilang kalau kuliah sudah selesai lalu dibiarkan begitu saja?? Di Fakultas Teknik, tidak seperti …