Home / Kabar Fakultas / AUDITOR INTERNAL FT UNDIP

AUDITOR INTERNAL FT UNDIP

Pada hari Kamis s/d Jumat tanggal 20-21 Oktober 2016 Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (FT Undip)  menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) Internal Auditor Dokumen ISI 9001:2015 yang diikuti oleh Para Ketua dan Sekretaris Departemen, Para Wakil Dekan, Kepala Bagian Tata Usaha dan Para Kepala Sub Bagian di lingkungan FT Undip.
Dekan FT Undip Ir. M. Agung Wibowo, MM.,M.Sc., Ph.D.  pada sambutan Pembukaan mengemukakan bahwa kita dituntut untuk dapat memuaskan pelanggan kita antara lain dengan melaksanakan ISO 900:2015. Pada kesempatan ini beliau berharap bahwa setelah kita berhasil menyusun dokumen ISO, seluruh jajaran di FT Undip dapat melaksanakan ISO dengan baik dan memuaskan pelanggan.
Wiyono  T Putro, totSH.,Hut.,M.Si. sebagai salah satu anggota konsultan dalam penyusunan dokumen ISO ini, memberikan informasi tentang persyaratan-persyaratan Standar ISI 9001:2015 yang harus dipenuhi pada saat audit internal, panduan dalam melakukan audit  diakhiri dengan Praktek Audit Unit Kerja1. Dikemukakan bahwa pada dasarnya auditor internal tidak mencari kesalahan melainkan untuk mengembangkan. Dengan demikian tidak ada istilah sidak, melainkan auditor dan auditi harus memiliki kesepakatan yang sama.  Auditor pada saat mengaudit melakukan tiga kegiatan review yaitu yang pertama mereview dokumen, yang kedua   wawancara dengan penanggung jawab dokumen dan yang ketiga observasi lapangan.
Dr. Sukamta, ST., MT. yang juga merupakan  konsultan penyusunan dokumen ISO  FT Undip memberikan arahan  tentang  Manajemen Program Audit yaitu menetapkan, menerapkan, mengawasi, meninjau dan meningkatkan  program audit. Beliau menyampaikan juga tentang tujuan utama audit yaitu mencari bukti-bukti kesesuaian dengan standard ISO 9001:2015 yang berbasis pada fakta. Dengan demikian auditor tidak boleh beropini maupun menuduh.

About Desy -

Baca Juga..

FT UNDIP TARGET BANYAK HKI ERA INDUSTRI 4.0

Fakultas Teknik – Dalam rangka menyambut era industri 4.0, FT Undip mengadakan workshop dengan mengangkat …

PSMFT SABET 3 MEDALI EMAS

Fakultas Teknik – Tim Panduan Suara Mahasiswa Fakultas Teknik (PSMFT) telah bertanding di ajang Kuala …